Kenapa Kode Verifikasi Tidak Muncul di SMS

Jayawarta.com – Zaman sekarang rasanya ada yang kurang jika tidak memiliki akun media sosial. Nah, untuk mengaktifkan media sosial tersebut kita butuh yang namanya kode verifikasi. Ada beberaapa metode pengiriman kode, salah satu yang paling sering dilakukan adalah melalui SMS. Sayangnya, seringkali kode verifikasi tidak terkirim. Karena ini lah kenapa kode verifikasi tidak muncul di sms pun sering dipertanyakan.


Kode verifikasi sendiri adalah semacam sandi yang hanya sekali pakai dan bersifat rahasia. Dengan memiliki kode verifikasi, pengguna dapat mengakses penuh media sosial yang ingin diakses. Maka dari itu, pengguna harus tau kenapa kode verifikasi tidak terkirim. Berikut akan dipaparkan.


Beberapa Alasan Kenapa Kode Verifikasi Tidak Muncul di SMS

Di bawah ini adalah beberapa alasan kenapa kode verifikasi tidak muncul di sms ketika akan menggunakannnya untuk verifikasi masuk ke akun media sosial anda atau menggunakan aplikasi tertentu yang membutuhkan kode OTP , yaitu , sebagai berikut :

#TRENDING  Cara Mengatur Kamera Profesional Vivo, Foto Dijamin Kece

1. Pulsa yang Tidak Mencukupi


Seringkali kode verifikasi sudah dikirim berkali-kali namun tak kunjung masuk ke sms, bisa jadi karena pulsa kosong. Hal paling mendasar yang harus digarisbawahi jika hendak mengirimkan kode verifikasi, pastikan pulsa cukup. Jika pulsa sudah diisi, diperkenankan untuk mengirim kode kembali.
Pulsa dibutuhkan karena beberapa aplikasi membutuhkan pulsa untuk mengirimkan kode verifikasi. Salah satu contoh layanan aplikasi yang membutuhkan pulsa untuk kode verifikasi adalah layanan mobile banking. Memang tak semua aplikasi menerapkan peraturan seperti ini, tapi untuk berjaga-jaga ada baiknya pulsa berisi.

2. Adanya Kesalahan Pada Nomor Ponsel


Satu lagi hal mendasar yang seharusnya menjadi perhatian dari kenapa kode verifikasi tidak muncul di sms adalah kesalahan nomor ponsel. Kesalahan dalam memasukkan nomor ponsel selalu terjadi tanpa disadari. Entah karena kurang teliti atau lupa nomor ponsel yang tepat.


Sebaiknya periksa nomor ponsel sebelum dikirim. Lihat kembali rangkaian nomor yang ada hingga yakin. Untuk yang lupa nomor ponsel, disarankan agar mencatat di catatan kecil nomor ponsel tujuan. Jika nomor ponsel salah, maka kode verifikasi tidak akan masuk ke sms.

Baca juga : Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Bisa Menerima SMS Termudah

3. Operator yang Tengah Delay


Jika ditanya kenapa kode verifikasi tidak muncul di sms, maka alasan satu ini bisa jadi salah satu alasan utamanya. Pada cuaca buruk atau jam-jam tertentu, beberapa operator mengalami masalah delay. Jika terjadi, maka kode verifikasi sms pun tidak dapat dikirim.
Cara mengatasinya adalah dengan menunggu hingga koneksi membaik. Memang lama, tapi hanya itu lah yang bisa dilakukan. Cara mengatasi yang lainnya adalah dengan menggunakan layanan kartu operator yang jarang mengalami delay. Hal ini dapat membantu agar proses verifikasi semakin cepat.

#TRENDING  Cara Mengatasi Pengisian Baterai Hp yang Lama

4. Setelan Waktu dan Hari yang Salah


Seringkali saat me-reset ponsel atau sesaat setelah bepergian ke tempat dengan zona waktu berbeda, pengguna lupa mengatur waktu seperti semula. Jika setelan hari dan waktu tidak sesuai, maka ketika mengirim kode verifikasi, sms tidak akan langsung masuk ke ponsel pengguna.


Hal ini dapat terjadi karena sms diatur untuk dikirim sesuai waktu yang ada di ponsel. Maka ketika waktu salah, sms pun akan dikirim di waktu yang salah pula. Selalu periksa pengaturan waktu di ponsel. Pastikan waktu sudah diatur dengan tepat.

5. Penyimpanan yang Penuh


Terakhir adalah penyimpanan yang penuh. Walaupun tampak tak saling berkaitan, namun penyimpanan yang penuh dapat membuat kode verifikasi sms tidak masuk. Hal ini terjadi karena sms memerlukan penyimpanan agar bisa diterima.

#TRENDING  Cara Mengetahui Unlock Bootloader di Xiaomi dengan Mudah


Selalu pastikan penyimpanan masih tersisa. Hapus file-file tidak penting atau cache agar penyimpanan lebih longgar. Hapus pula pesan-pesan spam dan nomor kontak yang sudah tak aktif. Dengan cara tadi penyimpanan pun dapat dikosongkan dan sms dapat diterima.
Kode verifikasi sangat penting di zaman sekarang, apalagi di zaman digital ini. Semua aspek digital membutuhkan kode verifikasi agar bisa digunakan. Alasan kenapa kode verifikasi tidak muncul di sms harus diketahui agar kode verifikasi dapat diterima dengan lancar.


Selalu pastikan kode verifikasi yang sudah diterima tetap terjaga keamanannya. Seperti yang sudah dipaparkan di atas, kode verifikasi adalah kata sandi yang hanya bisa dipakai sekali.