Cara Menghilangkan Objek di Foto Dengan Aplikasi dan Tanpa Aplikasi

Ketika sedang memotret, sering kali kedapatan objek atau orang yang tidak seharusnya ada di foto. Hal ini cukup menjengkelkan apabila ukuran objek yang terpotret cukup signifikan. Padahal, Anda ingin menguploadnya ke sosial media sebagai bahan postingan. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu mengetahui cara menghilangkan objek di foto.

Beruntunglah, kini sudah tersedia fasilitas penghapus objek yang mudah digunakan bahkan untuk yang tidak memiliki skill editing. Fasilitas yang tersedia dapat berupa aplikasi yang dapat diunduh, atau situs yang menyediakan jasa penghapus objek.

Pembahasan lengkap tentang cara menghilangkan objek di foto bisa disimak pada artikel berikut.

Menghilangkan Objek di Foto Dengan Bantuan Aplikasi

Cara menghilangkan objek di foto yang pertama adalah menggunakan aplikasi. Aplikasi di bawah ini dapat diinstall di smartphone kesayangan Anda. Jadi, foto yang dipotret dengan smartphone dapat langsung diedit. Berikut beberapa aplikasi yang dapat digunakan:

1. Adobe Photoshop Fix

Photoshop yang biasa digunakan pada komputer, ada versi mobile yaitu Photoshop Fix. Cara menggunakannya pun cukup mudah, hanya tinggal memilih opsi Healing, lalu pilih Spot Tool. Ganti ukuran dan ketebalan kuas sesuai yang diinginkan, dan usapkan objek yang ingin dihapus.

Sayangnya, untuk saat ini, Adobe Photoshop Fix tidak lagi tersedia di App Store. Namun, pengguna iPhone masih dapat mengakses aplikasi dengan mengunduh apk dari pihak ketiga.

#TRENDING  Cara Ganti Nama di Facebook Lite

2. Adobe Lightroom: Photo Editor

Selain Photoshop Fix, Adobe juga meluncurkan Lightroom untuk menghapus objek. Hal yang membedakan dengan Photoshop Fix ada pada keterbatasan alat pada Lightroom. Meski demikian, Lightroom masih tetap berkualitas sebagai photo editor.

Dengan Lightroom, pembaca tinggal upload foto yang ingin diubah, kemudian pilih Spot Heal dan usapkan pada objek tersebut. Jangan lupa untuk memilih Done jika selesai, dan Share untuk menyimpan ke Galeri.

3. Picsart Photo & Video Editor

Selanjutnya, ada Picsart yang sering digunakan pada smartphone Android. Untuk menggunakan aplikasi ini, klik ikon tambah untuk memilih foto yang ingin diubah. Kemudian, pilih Alat lalu Klon, dan arahkan lingkaran mengelilingi objek yang ingin dihapus.

Jika sudah selesai, pilih tombol kuas untuk menghapus objek tersebut. Pembaca tinggal menekan tombol Save untuk menyimpan foto di Galeri.

4. Snapseed

Ternyata, Google juga membuat aplikasi penghapus objek pada foto yaitu Snapseed. Untuk menggunakan Snapseed, pilih ikon tambah untuk mengambil foto yang ingin diedit. Lalu, pilih menu Alat untuk mendapatkan opsi Healing.

Seperti biasa, usapkan pada objek yang ingin dihapus dari foto, dan klik centang untuk mengaplikasikan penghapusan objek. Jika ingin menyimpan, tekan opsi Export.

5. Photo Retouch

Photo Retouch merupakan aplikasi terakhir yang dapat digunakan untuk menghapus objek. Menggunakan aplikasi Photo Retouch , pilih foto yang ingin diedit melalui Albums atau Kamera. Setelah itu, gunakan Object Removal pada area objek tersebut.

Apabila sudah selesai, pilih opsi Go untuk mengaplikasikan penghapusan objek. Jika hasilnya belum sempurna, pembaca dapat memilih opsi Alter yang tersedia.

Menghilangkan Objek di Foto Tanpa Menggunakan Aplikasi

Apabila pembaca tidak ingin mengunduh aplikasi untuk menghemat kapasitas, maka cara menghilangkan objek di foto lainnya adalah dengan bantuan situs. Situs yang dapat digunakan adalah Inpaint, dan cara menggunakannya pun mudah. Cara menggunakan Inpaint adalah sebagai berikut:

  • Buka browser, lalu kunjungi situs https://theinpaint.com/.
  • Pada halaman utama, scroll sedikit ke bawah lalu pilih opsi Upload Image.
  • Pilih foto yang ingin diedit sesuai dengan yang diinginkan.
  • Gunakan brush atau bentuk lingkaran, dan taruh pada objek yang ingin dihapus.
  • Atur tingkat ketebalan pada brush atau lingkaran.
  • Pilih opsi Erase, dan tunggu hingga proses menghapus selesai.
  • Pilih opsi Download untuk mendapatkan foto yang sudah diedit oleh Inpaint.
#TRENDING  5 Rekomendasi Aplikasi Edit Video Instastory Terbaik

Demikian penjelasan mengenai cara menghilangkan objek di foto dengan bantuan aplikasi atau tanpa menggunakan aplikasi. Dengan mudahnya mengedit foto, kini pembaca tidak perlu khawatir dengan photobombing dalam melakukan pemotretan. Meski begitu, kualitas sebuah foto tetap pembaca yang akan menentukan.

KLIK GAMBAR UNTUK MENDAPATKAN PROMO SERBA MURAH , BURUAN DAPATKAN DISKON DAN FREE ONGKIRNYA