Format Video untuk WhatsApp Beserta Cara Merubahnya

Format video untuk WhatsApp ada bermacam-macam. Aplikasi miliki META asal California, Amerika Serikat ini telah menjadi favorit masyarakat Indonesia, bahkan hampir setiap kalangan suda memiliki akun aplikasi tersebut.

Aplikasi ini tergolong dalam jenis messenger application, di mana Anda dapat berbagai jenis file media kepada teman maupun rekan kerja. Mulai dari bertukar file foto, video, hingga file kerjaan seperti world dan power point.

Kebanyakan masyarakat di Indonesia menggunakan WhatsApp messenger salah satunya berfungsi sebagai bertukar pesan dan membuat grup. Mulai dari grup keluarga hingga perkumpulan komunitas hobi maupun tongkrongan.

Format Video untuk WhatsApp yang Kompatibel

Terdapat berbagai macam format video yang beredar saat ini, namun umumnya yang sering digunakan pada saat ini adalah video dengan format mp4. Jenis video mp4 paling umum digunakan karena merupakan format bawaan android maupun ios.

Umumnya mp4 dibuat menggunakan sebuah codec berjenis H264 maupun MPEG4 dengan kode standar suara berkode AAC. Ukuran maksimum mengirimkan sebuah objek berkas pada WhatsApp sendiri adalah maksimal 16 MB.

Sedangkan untuk format lainnya seperti FLV, AVI, dan MKV sering tidak terdeteksi secara otomatis. Sehingga Anda harus menambahkan secara manual melalui menu tambahkan dokumen melalui berkas.

Cara Mudah Mengubah Format Video Untuk Whatsapp

Jika Anda ingin mengirim sebuah berkas namun format video untuk WhatsApp tidak terbaca, Anda dapat merubahnya dengan cara merubah formatnya. Untuk melakukan hal tersebut dapat menggunakan aplikasi converter seperti di bawah ini.

#TRENDING  Cara Mengatasi Kuota Axis Tidak Masuk Terbaik

1. Mengubah dengan Format Factory Android Application

Dengan menggunakan teknologi FFmpeg encoder, pengguna tidak perlu merasa pusing untuk mengubah format mereka. Dengan memasukkan file lalu mensetting convert to mp4 maka video sudah dapat otomatis terbaca kembali melalui WhatsApp.

Messenger tersebut mungkin tidak dapat membaca beberapa file hasil ekstraksi dari aplikasi bawaan komputer seperti windows movie maker. Walaupun sama-sama berformat mp4 namun windows movie maker menggunakan codec berbeda.

Akibatnya WhatsApp tidak mampu untuk membaca serta mendeteksi keberadaan file tersebut. Dengan menggunakan Format Factory juga dapat mengubah codec bawaan file menjadi H264 atau MPEG4 sehingga akan otomatis terbaca.

2, Menggunakan Online Video Converter

Format Video Untuk Whatsapp

Jika memori handphone Anda penuh dan tidak dapat mendownload aplikasi lain untuk meng-convert file tersebut dapat menggunakan alternatif lain yaitu online video converter. Anda dapat mengaksesnya melalui browser bawaan handphone sekalipun.

Prosedur untuk mengubah format video untuk WhatsApp adalah pertama buka browser dan cari online video converter. Pilihlah website paling atas lalu unggah file video yang ingin di ubah formatnya, lalu pilih convert to mp4 dan OK.

Setelah itu proses convert akan dimulai tinggal ditunggu saja. Jika sudah selesai maka file tersebut otomatis sudah berformat mp4 sehingga dapat secara otomatis terbaca pada aplikasi messenger tersebut.

3. Menggunakan Aplikasi Vidsoft Lab

Format Video Untuk Whatsapp

Vidsoft Lab merupakan aplikasi pengubah format video cukup canggah. Dilengkapi dengan fitur batch converter memungkinkan Anda untuk mengubah format beberapa file dengan waktu singkat.

#TRENDING  Cara Melihat ID DANA Paling Mudah Di Aplikasi

Jika Anda ingin mengupload beberapa file untuk dijadikan status namun memiliki format yangtidak didukung, aplikasi ini cocok untuk digunakan. Anda bisa mengubah banyak file dalam 1 waktu sehingga tidak membuang-buang waktu.

Langkahnya cukup mudah, setelah berhasil diunduh dan diinstall melalui playstore, buka aplikasi dan pilihlah beberapa file yang ingin dikonversi. Jangan lupa pilih convert to mp4 sehingga semua file dapat terbaca oleh WhatsApp.

Mengubah jenis file sangat penting untuk diingat supaya dapat dengan mudah dibaca oleh WA. Jika Anda mengirim file dengan format video untuk WhatsApp yang tidak didukung maka akan sulit untuk dibaca penerima.

KLIK GAMBAR UNTUK MENDAPATKAN PROMO SERBA MURAH , BURUAN DAPATKAN DISKON DAN FREE ONGKIRNYA