Cara Mengecek Lama Pemakaian Hp Oppo untuk Tahu Kondisinya

Bagi Anda yang beli hp second, ketahui cara mengecek lama pemakaian hp Oppo. Hal itu ditujukan agar Anda bisa memperkirakan bagaimana kondisi hp itu sekarang dari lamanya pemakaian tersebut. Jadi, ketika rusak juga bisa menduga penyebabnya.

Terkadang memang hp second jauh lebih baik karena harganya yang lebih murah dan bisa menyesuaikan budget Anda. Tapi perlu diketahui juga, membeli hp second tidak boleh asal. Harus diperhatikan detailnya.

Salah satunya adalah dengan mengetahui lamanya pemakaian tersebut. Ketahui bagaimana caranya agar nanti tidak mudah ketipu oleh penjual yang berniat jahat. Informasi tutorialnya, silakan simak penjelasan berikut.

Cara Mengecek Lama Pemakaian Hp Oppo untuk HP Second

Masih melihat kwitansi pembelian saat ingin membeli hp second Oppo? Itu adalah langkah yang salah. Karena kwitansi bisa saja ditipu oleh sang penjual yang tidak bertanggung jawab.

Begitu juga bila mengecek kameranya saja, itu sama sekali tidak membantu. Karena ponsel Oppo memiliki beberapa komponen yang penting. Untuk itu, jika ingin beli hp Oppo second, ketahui cara mengecek lama pemakaian hp Oppo.

Cara tersebut sangat praktis untuk dilakukan. Sebab, dari lamanya pemakaian, Anda bisa memperkirakan sisi negatif apa saja yang mungkin ada pada ponsel tersebut.

Selain itu, jika penjual memberi harga mahal dan setelah dicek pemakaiannya sudah lama, Anda bisa bernegosiasi untuk bisa menurunkan harga.

#TRENDING  Cara Menggandakan Aplikasi Di Hp Vivo Y30i Termudah

Perlu diketahui, harga Oppo yang second itu bisa turun jika sudah ada hp Oppo yang baru rilis. Jadi, jika awal pembeliannya bisa sangat mahal, jika pemakaiannya sudah lebih dari 2 tahun, pasti harga turun. Tidak peduli keadaannya masih bagus.

Ada 2 dalam proses pengecekkan  yang bisa Anda lakukan. Tidak sulit dan mudah diikuti, seperti berikut :

1. Menggunakan IMEI

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengeceknya melalui IMEI, Langkahnya adalah :

  1. dial nomor *#06#
  2. Nanti akan keluar 2 baris nomor IMEI, Anda catat saja.
  3. Setelah itu, pergi ke website https://support.oppo.com/id/warranty-check/
  4. Masukkan nomor IMEI dan lakukan pengecekkan. Nanti akan tahu kapan hp tersebut diaktifkan pertama kali.
  5. Melalui Aplikasi

2. Bisa juga menggunakan aplikasi pihak ketiga. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Ke Playstore dan mencari apk Info SAM. Memang untuk Samsung, tapi bisa digunakan untuk Oppo
  2. Segera Instal
  3. Buka apk dan atur ke pilih Android. Nanti akan terlihat informasi dari Ponsel Oppo tersebut bahkan tahun berapa dirilisnya.

Cara Mengecek Lama Pemakaian Hp Oppo Agar Tahu Masa Kadaluwarsanya

Hati-hati jika memang terpaksa harus membeli hp second. Dengan mengetahui cara pengecekkan penggunaan hp brand Oppo, akan sangat membantu dalam pertimbangan beli tidaknya.

Selain itu, perlu mengetahui juga bagaimana ciri-ciri dari hp Oppo yang pemakaiannya sudah sangat lama. Jangan sampai Anda kecolongan, nanti malah baru beli, langsung rusak begitu saja.

Jika berdasarkan Survey Customer Technology Assosiation, maksimal penggunaan ponsel itu sebenarnya 4,5 tahun sampai 5 tahun.

Jika lebih dari itu, berarti sudah kadaluwarsa. Biasanya ciri-ciri dari hp yang sudah kadaluwarsa, layar tochscreennya sudah lambat merespon.

#TRENDING  Cara Menghapus Aplikasi Yang Tidak Bisa Dihapus Di Hp Samsung

Kemudian baterai juga akan cepat habis begitu saja. HP akan sering hang atau mati dengan sendirinya.

Memory card sudah rusak hingga tidak bisa terbaca. Bisa juga kualitas speaker sudah sangat jelek, hingga melakukan panggilan juga sulit.

Pembelian hp second memang tidak masalah. Tapi Anda memang wajib teliti ketika membelinya. Berdasarkan cara mengecek lama pemakaian hp Oppo, nanti tahu bagaimana kualitas hp tersebut, masih layak digunakan lagi atau tidak.

KLIK GAMBAR UNTUK MENDAPATKAN PROMO SERBA MURAH , BURUAN DAPATKAN DISKON DAN FREE ONGKIRNYA