Menghapus Data Layanan Google Play Agar Tetap Berfungsi Baik

Sebagai pengguna, rutinlah untuk menghapus data layanan Google play. Jika terlalu banyak data yang menumpuk, memang bisa menjadi penyebab beberapa masalah pada layanannya. Hal itu bisa berefek pada aplikasi yang Anda unduh ke perangkat.

Cara ini memang kami tujukan untuk pengguna android yang sangat bergantung dengan layanan Google play. Aplikasi yang disediakan memang sangat lengkap dan gratis. Jika ada masalah, maka Anda juga yang rugi.

Menjaga perangkat dan aplikasi itu sebuah keharusan agar bisa awet dan nyaman ketika digunakan. Menghapus data yang ada pada Google Play, bukan berarti data pada memori ponsel. Selengkapnya, bisa simak tutorial berikut ini.

Menjaga Perangkat dengan Menghapus Data Layanan Google Play

Anda harus tahu bahwa layanan Google Play itu akan terus mengupdate aplikasi-aplikasi yang ada di perangkat penggunanya, agar terus berfungsi secara maksimal. Tapi jika Anda tidak menghapus data layanan pada Google play, akan menghalangi proses tersebut.

Apa akibat yang terjadi jika perangkat tersebut tidak diupdate? Tentu akan memberikan dampak pada perangkat, seperti sistemnya menjadi lambat, beberapa aplikasi tidak bisa digunakan lagi.

Maka dari itu, menghapus data layanan Google play itu bisa menjadi keharusan dan wajib dilakukan secara rutin. Anda harus tahu bahwa layanan Google Itu penting.

Sebab mampu menghubungkan aplikasi dengan layanan Google lainnya. Untuk contohnya seperti login dengan Google dan Google Maps. Tapi Anda jangan hubungkan layanan Google Play dengan Google Playstore yang ada pada android. Karena ini sangat berbeda.

#TRENDING  Cara Mengatasi HP Disadap Melalui IMEI

Jika Anda rutin menghapus data dan cache, tidak membuat baterai ponsel cepat habis atau menyerap kuota data. Tapi sebelum proses penghapusan, pastikan layanan Google Play edisi terbaru dengan cara seperti berikut :

  1. Pada perangkat android Anda, silakan pergi ke menu setting atau setelan.
  2. Ketuk menu aplikasi dan notifikasi lalu pilih opsi Lihat Semua Aplikasi.
  3. Anda langsung scroll ke bawah dan ketuk saja Layanan Google Play.
  4. Scroll lagi ke bawah, lalu ketuk Detail Aplikasi
  5. Dan terakhir tap update atau Instal. Jika tidak ada notifikasi tersebut, langsung ke langkah hapus data.

Langkah Mudah Menghapus Data Layanan Google Play

Jika ingin menghapus data, cache juga jangan lupa. Karena cache terbentuk ketika Anda membuka aplikasi. Ketika jumlahnya terlalu banyak, mengganggu juga sistem pelayanan dari Google Play.

Tapi penting untuk Anda ketahui, meski data di memori itu tidak akan hilang, tapi data yang tersimpan di Google play akan hilang. Jadi, pastikan untuk memback-up terlebih dulu agar ketika proses pembersihan ini, tidak membuat Anda kehilangan data yang penting.

Jika tidak dihapus, bagaimana pelayanan bisa berjalan secara maksimal? Pilihan sulit, tapi menghapus data demi kelancaran pelayanan, itu adalah prioritasnya. Dan berikut cara mudah untuk menghapus data layanan tersebut :

  1. Buka perangkat yang Anda gunakan dan menuju ke menu pengaturan
  2. Ketuk aplikasi > pilih opsi Lihat semua Aplikasi
  3. Scroll saja ke bawah, dan temukan Layanan Google Play.
  4. Anda bisa langsung menu Layanan Google Play.
  5. Di sana ada menu penyimpanan, ketuk saja > Hapus Cache
  6. Pilih kelola ruang > dan pilih Hapus Data
  7. Selesai
#TRENDING  Cara Mengatasi Kuota Axis Tidak Masuk Terbaik

Memang semudah itu untuk menghapus data atau bahkan cache yang ada pada layanan Google Play. Coba sesekali lihat, apakah datanya sudah banyak. Jika sudah menumpuk, langsung saja lakukan langkah menghapus data layanan Google play seperti di atas.

KLIK GAMBAR UNTUK MENDAPATKAN PROMO SERBA MURAH , BURUAN DAPATKAN DISKON DAN FREE ONGKIRNYA