Cara Membuat Toko Online Di WordPress Mudah untuk Pemula

Saat ini memang tidak sedikit orang yang mencari cara membuat toko online di wordpress tentunya dengan menggunakan website Apalagi di era serba digital sudah banyak UMKM menjajal market online agar bisa menjual produk barang atau jasa.

Akan tetapi sebagian besar dari pengusaha tersebut juga sangat bergantung pada sosial media serta marketplace. Memang benar berjualan di media sosial atau marketplace tidak salah, namun Anda tidak punya kebebasan.

Seperti ketika mengatur tampilan, desain, logo, metode transaksi, serta banyak lagi lainnya agar sesuai keinginan. Namun jika membuat toko online sendiri, maka pengguna bukan hanya mendapat kebebasan mengatur tampilannya saja.

Mengapa Perlu Membuat Online Shop?

Anda akan mendapat analisis secara lebih akurat dan ini bermanfaat untuk mengembangkan usahanya. Tidak perlu khawatir, karena tanpa perlu belajar koding pengusaha bisa tetap membuat online shop sesuai keinginannya.

Sekarang ini ada beragam pilihan dalam membuat toko online untuk menjual sebuah produk. Mulai dari marketplace, TikTok shop, Instagram shopping, kerja sama dengan dropshipper, serta banyak lagi lainnya.

Akan tetapi semua cara tersebut mengharuskan user untuk memanfaatkan pihak ketiga ketika ingin menjual produknya. Artinya pengguna tidak dapat kustomisasi desain, fitur, atau hal lain di online shop.

#TRENDING  Cara Download Aplikasi Internet Download Manager IDM di Android

Umumnya pihak ketiga tersebut memberikan beragam fitur filter dan pastinya disesuaikan dengan katalog produk. Misalnya saja untuk jenis baju, limited edition, new product, serta banyak lagi lainnya.

Sehingga hal tersebut juga membuat pengalaman user ketika berbelanja di webnya jadi semakin baik. Mengenai cara membuatnya sendiri pastinya lebih dapat menyesuaikan dengan keinginannya sendiri dibanding memakai marketplace.

Apalagi pada marketplace juga memberikan banyak rekomendasi produk yang sama seperti punya Anda. Sehingga itu bisa menjadi saingan dan menggunakan cara ini, user akan dikenalan biasa admin sesuai presentase jualannya.

Semakin banyak produk yang dijual, maka makin tinggi juga biaya admin di mana nantinya dipotong dari marketplace. Jika Anda punya web sendiri untuk berjualan, maka biaya yang dikeluarkan tidak banyak.

Hanya digunakan untuk domain, hosting, serta operasional web. Di mana jika itu semua diperbarui terus, maka bisa meningkatkan margin profit penggunanya. Punya web pribadi juga dapat membuka akses pasar internasional.

Persiapan Sebelum Membuat Online Shop

Sebelum nantinya mencari tahu bagaimana cara membuat toko online di wordpress , sebaiknya pahami dahulu apa saja persiapannya. Pertama buatlah landing page dengan kalimat ‘coming soon’ di web atau sosial media.

Karena hal itu nantinya bisa menciptakan traffic dalam jumlah banyak, sekalipun web online shop masih belum jadi sepenuhnya. Bahkan dengan adanya landing page tersebut, user bisa mengumpulkan list email pelanggan.

Jadi nantinya Anda bisa mengirim pemberitahuan jika web tersebut sudah online dan mengajak calon konsumen untuk membeli. Untuk membuat landing page tersebut juga hanya memerlukan plugin saja.

#TRENDING  Berikut 5 Cara Uninstall Aplikasi di Windows 10 Sampai Bersih_.docx

Agar lebih menarik, maka bisa menambahkan sejumlah elemen seperti foto produk, nama perusahaan, serta teks singkat dan membujuk. Selain itu persiapan lain yang dapat dilakukan ialah dengan memanfaatkan sosial media.

Untuk persiapan membuat toko online satu ini juga dapat meningkatkan traffic sebelum webnya berjalan. Instagram merupakan platform terbaik yang kerap kali digunakan untuk mempromosikan sesuatu.

Anda hanya perlu meletakkan link web di bio ataupun profil. Sehingga nantinya dapat mengetahui banyaknya orang yang berkunjung ke situs toko tersebut dengan cara menggunakan link.

Ketahui Beberapa Cara Membuat Toko Online Di WordPress

Apabila Anda sudah menyelesaikan sejumlah persiapan tersebut, maka selanjutnya bisa langsung memperhatikan bagaimana cara tepat membuat tokonya sendiri. Tidak perlu khawatir, karena tiap langkahnya cukup mudah untuk diterapkan serta dipahami.

1. Beli domain dan hosting

Cara membuat toko online di wordpress , Pertama tentu saja Anda harus punya domain dan langganan di web hosting. Layanan tersebut saat ini sudah banyak provider menyediakannya, baik bundling atau satuan. Namun pastinya Anda harus tentukan yang terbaik.

2. Install platform

cara membuat toko online gratis

Anda harus menginstall platform dasar yang digunakan untuk web serta online shopnya, di sini bisa menggunakan WordPress. Setelah sukses menginstallnya, maka nantinya email untuk login akan diterima dan gunakan untuk masuk.

3. Install plugin online shop

Pastikan user menggunakan plugin gratis yang nantinya bisa mengubah situs jadi web daring seutuhnya sebagai cara membuat toko online. Bahkan sudah dilengkapi beragam jenis fitur, sehingga tidak perlu menggunakan plugin lainnya.

#TRENDING  Cara Mengatasi Kartu SD Tidak Terbaca di HP Xiaomi dan Penyebabnya

4. Sempurnakan web toko

Pada tampilannya, Anda bebas mengubah semenarik mungkin sesuai konsep toko. User dapat memanfaatkan tema platform yang memang sudah disediakan dan ini dibuat agar performa plugin bisa semakin maksimal.

5. Masukkan produk

Apabila semua langkah tersebut sudah diselesaikan, maka pengguna bisa langsung tambahkan produk-produk yang akan dijual. Tambahkan sebanyak mungkin produk dan buatlah daftar kustomisasi sesuai preferensinya masing-masing.

6. Mulai promosi

Cek lagi web toko online agar bisa memastikan tidak ada eror atau proses pemesanannya dapat berjalan secara lancar. Jika sudah semua langkahnya beres, Anda bisa mulai melakukan promosi dan menjual produknya.

Pastinya setelah semua poin penting tersebut dijalankan, maka selanjutnya Anda harus bisa tingkatkan kesuksesan tokonya. Beberapa cara membuat toko online semakin sukses harus diterapkan secara tepat agar untung.

Akhir kata

Demikianlah teman – teman panduan kali ini mengenai cara membuat toko online di wordpress itu bagaimana . anda harus mengeluarkan modal untuk membuatnya , menurut saya harga server dan domain sangat marah untuk membuat toko online .

Meskipun ada juga cara membuat toko online gratis yang bisa anda gunakan contohnya dengan menggunakan google site . namun web dengan nama domain sendiri akan lebih terlihat profesional dengan berbagai fitur keren yang akan membuat toko online anda terlihat bagus dan menarik .

Mungkin itu saja untuk kali ini , saya sebagai admin jayawarta.com mengucapkan banyak terimakasih atas kunjungan anda .