Aplikasi SIap Apoteker , Syarat Dan Penggunaannya

Aplikasi SIAp apoteker merupakan aplikasi yang digunakan sebagai instrumen pelayanan, pusat informasi dan komunikasi bagi pengurus apoteker dengan konsumen. Aplikasi ini menawarkan berbagai jenis pelayanan termasuk obat-obatan.

Seperti pendaftaran anggota, media sosial, resertifikasi, rekomendasi, laporan SKP, dan informasi mengenai kegiatan organisasi. Adanya aplikasi ini membantu para apoteker untuk meningkatkan pelayanan bisnis apotek.

Syarat Dan Cara Daftar Aplikasi SIAp Apoteker

aplikasi SIap apoteker

Agar apoteker dapat merasakan layanan aplikasi SIAp untuk para apoteker, Anda perlu memperhatikan hal berikut ini. apalagi anggota IAI wajib mendaftar dan memiliki akun pada aplikasi SIAp.

Hal paling utama yang harus dipersiapkan adalah laptop atau PC. Buka browser Google, kemudian install aplikasi SIAp terlebih dahulu. Anda perlu memasukkan data-data penting untuk bisa menggunakan aplikasinya seperti berikut ini.

1.  KTA atau Nomor Anggota

2.  KTP dan surat keterangan domisili apabila dari luar daerah

3.  Ijazah S1 jurusan terkait

4.  Surat Sumpah

5.  STRA atau Surat Tanda Registrasi Apoteker

6.  Sertifikat kompetensi

7.  Sipa/Sika dan SIA/Ijin RS/Ijin Pbf/Klinik/Puskesmas

8.  NPWP fasilitas atau NPWP pemilik fasilitas

9.  Pas foto latar belakang merah

10.  Menyertakan bukti pembayaran iuran anggota terakhir, bisa bukti transfer atau kwitansi, namun jika tidak punya bisa menyertakan bukti administrasi terakhir pada pengurus

11.  Menyiapkan biaya aktivasi sebesar Rp100.000, dan akan langsung dibayarkan pada rekening PPP IAI (bila ingin melakukan aktivasi)

Pastikan dokumen-dokumen tersebut telah discan dengan format JPEG, serta memiliki resolusi besar supaya mudah terbaca aplikasi SIAp apoteker. Anda bisa memotretnya menggunakan kamera ponsel, namun pastikan kameranya memiliki resolusi tinggi.

File yang diunggah tidak melebihi 500 kb pada masing-masing file. Bila melebihi, Anda bisa melakukan compress file terlebih dahulu. Ketentuan tersebut dapat memudahkan Anda dalam melakukan unggahan tanpa gagal.

Link download aplikasi siap apoteker

Bagi anda yang belum tahu link download aplikasi siap apoteker atau situs aplikasi Siap ini saya akan membagikannya untuk anda . yang perlu anda ketahui aplikasi ini tidak tersedia di aplikasi playstore . 

Jadi anda tidak perlu melakukan unduhan ke laptop anda . anda hanya perlu menyediakan browser chrome / mozilla dan brwoser lainnya .

Untuk alamat situs silahkan kunjungi disini :  SIap apoteker 

Cara mengisi aplikasi siap apoteker

Untuk cara mengisi aplikasi siap apoteker dan melakukan aktivasi pada layanan aplikasi SIAp yang diperuntukkan kepada apoteker, Anda bisa mengikuti cara berikut agar tidak salah. Kesalahan pada data sering terjadi karena pengguna tidak mengerti bagaimana mengaktivasi layanan. Berikut tutorial aplikasi siap apoteker yang benar :

1.  Buka aplikasi pada browser yaitu apoteker.or.id

2.  Input Nomor Anggota dan passwordnya

3.  Klik menu Layanan pada kiri atas (bagian bawah profile)

4.  Pilih Aktivasi Akun dengan menekan tombol pada samping kanan

5.  Selanjutnya aplikasi akan melakukan skrining data untuk memeriksa kelengkapan dokumen

6.  Bila dokumen sudah lengkap, proses skrining berlanjut dengan memuat aktivasi layanan

7.  Setelah permohonan selesai dibuat, periksa kembali pengajuannya

8.  Klik tutup, kemudian buka laman Layanan

9.  Catat kode transaksi lalu lakukan pembayaran sesuai tagihan sesuai nomor rekening tertera

10.  Masukkan kode transaksi pada kolom berita atau kolom referensi

11.  Bila proses pembayaran sudah selesai, unggah bukti pembayaran

12.  Ketika mengunggah, pastikan nomor rekening tujuan merupakan milik organisasi

13.  Bila sudah mengajukan permohonan aktivasi layanan, klik Ajukan

14.  Silakan tunggu, permohonan akan diajukan ke PP IAI pusat

Bila proses verifikasi aktivasi sudah berhasil, akan muncul notif pengajuan layanan di layar monitor. Anda bisa mengklik ‘Ke Layanan’ agar langsung menuju laman akun milik pribadi sebagai bukti bahwa verifikasi telah selesai dilakukan.

Cara menggunakan aplikasi siap apoteker

aplikasi SIap apoteker

Selanjutnya untuk cara menggunakan aplikasi siap apoteker sangat lah mudah . yang perlu anda perlukan adalah koneksi internet dan situs siap apoteker dan tentunya pengguna yang bisa mengoperasikan komputer / PC .

Untuk menggunakannya silahkan login terlebih dahulu ke aplikasi apoteker pada ponsel anda menggunakan nomor anggota dan juga kata sandi , jika lupa password aplikasi SIap apoteker , silahkan klik lupa kata sandi , silahkan ikuti proses yang disarankan .

Untuk bisa mengajukan layanan anda harus melakukan aktivasi terlebih dahulu . nantinya aplikasi akan melakukan skrining dokumen yang telah anda unggah .. untuk lebih mudah anda pahami , silahkan lihat gambar di bawah ini .

tutorial aplikasi siap apoteker

Manfaat Apk SIAp Bagi Konsumen

Di samping memberi keuntungan bagi apotek, SIAp mampu menjalin kedekatan bersama para pelanggan. Hal ini karena sistem layanannya langsung terintegrasi langsung pada apotek, sehingga pelayanannya bisa memperbaiki pelayanan.

1.      Meningkatkan Pelayanan Apotek

Sistem ini terbukti praktis dan lebih terstruktur daripada sistem konvensional. Adanya fitur pesan obat secara online, informasi jenis, kegunaan obat untuk mempermudah pasien. Selain itu, ada juga fitur cetak struk pembelian.

2.      Memudahkan Pelanggan

Tujuan dibuatnya aplikasi tentunya tidak terlepas dari memanjakan pelanggan. Dengan adanya SIAp, apoteker bisa lebih dekat dengan pelanggan. Proses pemesanan obat jadi lebih mudah dan praktis.

3.      Meningkatkan Profesionalitas Petugas Medis

Layanan ini membantu para apoteker untuk menjadi lebih profesional dan terorganisir. Semua kebutuhannya sudah ada pada aplikasi, sehingga para apoteker memiliki tenaga lebih untuk melayani masyarakat.

4.      Layanan Obat Lebih Praktis

Terdapat beberapa fitur yang menguntungkan konsumen. Salah satunya kemudahan dalam memperoleh obat-obatan melalui pemesanan online. Disatu sisi, para apoteker jadi lebih fokus dengan pekerjaannya sebab kebutuhan konsumen sudah tercatat.

5.      Adanya Fitur Konsultasi Online

Fitur ini menjadi salah satu fitur penting yang ada pada aplikasi SIAp bagi pelanggan. Adanya konsultasi online dapat membuat konsumen nyaman, karena kemudahan informasi mengenai obat sangat menguntungkan konsumen.

SIAp terbukti membantu dua belah pihak, baik dari segi apotek maupun konsumen. Apotek dapat dengan mudah mengelola laporan keuangan, melakukan stok obat, kemudahan dalam transaksi juga dapat mengembangkan bisnis apotek.

Perkembangan teknologi terbukti membantu peningkatan pelayanan bagi apotek. Konsumen tidak perlu lagi mengantre untuk mendapatkan obat yang diinginkan, cukup membuka aplikasi SIAp apoteker maka semua kebutuhan konsumen terpenuhi.

Akhir kata

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai program layanan ini yang sudah bahas di situs jayawarta.com .

Semoga bisa berguna memberikan informasi yang anda butuhkan , salam santun .