Cara Menulis Alamat Paketan yang Benar dan Tepat

Cara menulis alamat paketan saat ini harus dipahami baik-baik agar barang yang ingin dikirim sampai tujuan. Sejumlah faktor memang harus diperhatikan dalam mengirim paket berupa barang maupun dokumen.

Umumnya, jika alamat ditulis dengan tidak jelas, maka paket tidak akan sampai kepada penerima. Jadi Anda harus melakukan double check alias pengecekan ulang hingga benar-benar yakin bahwa alamat yang dituju sudah tepat.

Cara Menulis Alamat Paketan agar Tidak Keliru

Ada beberapa tahapan dalam menulis alamat paket yang bisa Anda ketahui agar pengiriman bisa berjalan dengan lancar. Berikut ini sudah ada penjelasan yang bisa Anda lakukan untuk menulis alamat, antara lain:

  1. Tulis Nama Penerima secara Jelas

Agar barang yang dikirim sampai ke tangan penerima tersebut, maka harus menulis nama penerima dengan jelas karena sangat penting. Lalu tulislah nama lengkap jika dirasa perlu, kemudian sertakan nama panggilan atau alias dalam tanda kurung.

Terkadang, lingkungan sekitar atau tetangga terutama bagi yang kost atau ngontrak, lebih dikenal dengan nama panggilan ketimbang nama depan dan belakang. Misalnya saja seperti nama panjang Kiki Aulia menjadi Kiki.

  • Tambahkan Alamat Lengkap Penerima
#TRENDING  Cara Melihat Kode Referal Gojek yang Jarang Diketahui

Selanjutnya Anda bisa menuliskan alamat penerima secara detail. Mulai dari nomor rumah, nama jalan, kelurahan, kecamatan, provinsi, sampai kode pos tempat tinggal penerima untuk memudahkan kurir.

Ada beberapa poin yang berhubungan dengan alamat paketan. Misalnya saja seperti nama jalan, nama tempat, nomor rumah, RT dan RW, desa atau kelurahan, kecamatan, kota atau kabupaten, provinsi, dan kode pos.

  • Tambahkan Nomor Telepon Aktif

Poin berikutnya yaitu jangan lupa untuk mencantumkan nomor telepon yang dapat dihubungi. Hal ini bertujuan agar kurir dapat langsung menghubungi penerima saat ingin mengirimkan paket.

Ketahui Cara Tulis Alamat Paket Sesuai KBBI

Penulisan alamat paket harus sesuai standar, agar paket kiriman sampai tujuan bisa disesuaikan dengan perkiraan waktu. Hal ini bertujuan agar kurir ekspedisi dapat mengantar dengan mudah dan meminimalisir paket nyasar ke tempat lain.

Selain itu, hal yang terpenting dicantumkan adalah label alamat pengiriman dibuat rapi. Hal ini dilakukan agar pihak kurir dan ekspedisi yang mengantarkan barang lebih mudah juga tidak tersesat.

Apalagi membaca alamat yang tertera di label alamat. Salah satu cara menulis alamat paketan agar label alamat rapi, yaitu dengan cara diprint atau cetak. Apa saja yang harus diperhatikan sebelum kirim paket?

Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Kirim Paket

Ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum mengirim paket, tujuannya agar tidak terjadi kendala di tengah pengiriman. Berikut ini sudah ada penjelasan terkait pengiriman paket, antara lain:

  1. Bungkus barang dengan rapi
#TRENDING  Cara Blokir Akun Facebook agar Akun Tidak Lagi Aktif

Hal wajib yang harus dilakukan pengirim paket, yaitu membungkus barang dengan rapi. Anda bisa menggunakan kotak, kardus, plastik warna, agar paketan memiliki nilai lebih oleh pelanggan yang membelinya.

Apabila paket isinya seperti benda rawan bocor atau cair maka bisa tambahkan bubble wrap atau selotip. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kerusakan atau kebocoran. Anda juga bisa membungkusnya dengan menggunakan plastik di bagian pertama.

Cara menulis alamat paketan seperti ini penting sekali agar isi paket lainnya tidak terkena kebocoran atau pecah dan tetap aman. Apabila barang yang dikirimkan mudah pecah, maka gunakan busa yang tidak terpakai atau kain untuk melindunginya.

Misalnya saja seperti berikan label khusus di paket dengan kata “Jangan Dibanting”, “Mudah Pecah”, dan “Awas Barang Pecah”. Hal ini dilakukan karena agar barang yang dikirimkan tidak terlempar atau terjatuh. Bahkan, tertimpa oleh paket lain yang lebih berat.

Jadi, bisa dikatakan pada pihak ekspedisi bahwa barang yang dikirimkan, yaitu barang pecah belah. Nantinya, paket ini akan diberi seperti tanda khusus. Hal ini tentunya untuk memudahkan pengiriman dan membedakannya dari paket lain.

  • Memastikan penulisan alamat dengan benar
#TRENDING  Cara Mengganti Nomor di GetContact dengan Mudah

Hal penting lainnya untuk memastikan tujuan alamat pengirim agar paket bisa langsung sampai di tempatnya. Agar bisa memastikan alamat pengiriman maka dapat menanyakan kepada pelanggan atau penerima.

  • Memilih ekspedisi dan cek harga

Pemilihan ekspedisi juga penting sekali dilakukan agar bisa mendapatkan kepastian berapa lama barang tersebut sampai tempat tujuan. Memang dalam memilih jenis ekspedisi tidak boleh dianggap remeh.

Hal ini karena sudah tersedia banyak sekali jenis pilihan ekspedisi, agar perlu selektif. Saat ini sudah ada jasa pengiriman yang menyediakan fasilitas kilat (1-2 hari) barang yang bisa sampai same day service.

Selain itu, barang Anda juga bisa sampai beberapa jam meskipun berada di luar kota maupun pulau. Jasa kilat ini tentu saja akan membantu Anda untuk mengirim paket yang bersifat mendesak. Pilihlah ekspedisi yang telah terpercaya agar tidak langsung tertipu.

Diharapkan dengan adanya informasi ini bisa membantu Anda untuk mengirimkan paket dengan jelas dan benar. Hal ini dilakukan agar kurir lebih mudah dalam pengiriman. Lalu gunakan cara menulis alamat paketan yang benar setiap kali melakukan pengiriman.

Demikianlah sobat jayawarta panduan kali ini , semoga bisa berguna untuk anda semua .