Pengertian Game Online dan Jenisnya

Meskipun sangat populer dan banyak yang memainkannya, namun apakah Kamu sudah tahu apa pengertian game online? Permainan yang menggunakan jaringan internet ini memang sangat populer karena menawarkan keseruan bagi pemainnya.

Pengertian game online ?

Game online merupakan jenis permainan daring yang dimainkan dengan memanfaatkan jaringan internet. Permainan ini menggunakan teknologi tinggi yang bisa dimainkan di komputer atau smartphone dimana pemain satu dan lainnya bisa terhubung.

Dalam permainan ini, pemain bisa bermain secara bersamaan dengan menggunakan jaringan tertentu. Jadi meskipun terhalang jarak, akan tetapi tidak akan mengurangi jalannya permainan karena bisa dimainkan secara bersama-sama.

Dalam game online, ada dua unsur penting agar permainan bisa berjalan dengan baik yaitu server dan client. Server yang bertugas untuk melakukan administrasi permainan dan menghubungkan client. Sedangkan client merupakan pengguna permainan yang memakai jasa server.

Dalam permainan game online, jaringan internet memiliki peran yang sangat penting. Oleh sebab itulah, sebelum bermain Kamu wajib memastikan memiliki jaringan internet yang stabil.

Setelah mengetahui pengertian game online, kini selanjutnya Kamu akan belajar tentang apa saja jenis dari permainan tersebut. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut :

Jenis Game Online Berdasarkan Tipe Permainannya

Game online memiliki banyak jenis permainan yang bisa dibagi menjadi beberapa tipe. Di antaranya seperti berikut ini :

1. MMOFPS

MMOFPS atau Massive Multiplayer Online First Person Shooter Games merupakan jenis game online dimana pemain dibuat seolah menjadi tokoh dalam permainan tersebut. Biasanya pemain akan dibekali dengan beberapa kemampuan untuk menghadapi musuh.

Permainan ini memberikan sensasi seolah Kamu terjun langsung dalam permainan. Beberapa contoh dari game online jenis MMOFPS ini antara lain seperti Call of Duty, Point Blank, Blood dan masih banyak lagi.

2. MMORTS

Massively Multiplayer Online Real Time Strategy Games merupakan jenis game online yang lebih menekankan pada strategi pemainnya. Ciri khas dari game ini adalah pemain harus mengelola strategi suatu dunia maya dan mengatur strategi dalam kurun waktu tertentu.

Jenis game MMORTS ini biasanya menawarkan beragam tema untuk dimainkan. Di antaranya seperti sejarah dalam game Age of Empires, fantasi dalam game Warcraft dan fiksi ilmiah dalam game Star Wars.

3. MMORPG

Massively Multiplayer Online Role Playing Games merupakan pengertian game online di mana pemainnya akan berperan menjadi tokoh-tokoh khayalan. Dalam game ini biasanya pemain akan berkolaborasi untuk merajut sebuah cerita bersama.

MMORPG biasanya akan membuat beberapa pemain bergabung dalam satu kelompok dengan misi yang sama. Beberapa contoh dari game online ini antara lain adalah Dota, the Lord of the Rings, dan Final Fantasy.

4. Simulation Games

Jenis game online selanjutnya ada simulation games. Dalam permainan ini, pemain akan bertanggung jawab terhadap tokoh yang dimainkannya selayaknya memenuhi kebutuhan hidupnya secara nyata dalam dunia virtual.

Tokoh yang dimainkan biasanya memiliki karakter seperti manusia dan memiliki beberapa kegiatan seperti bekerja, makan hingga bersosialisasi. Contoh dari permainan jenis ini adalah Second Life.

Selain empat jenis di atas, game online masih memiliki jenis yang sangat banyak. Kamu bisa mengelompokkan jenis game online berdasarkan cara bayar, hingga berdasarkan grafis yang ditampilkan.

Mengingat banyaknya jenis game online yang bisa dimainkan saat ini, tidak heran jika permainan daring sangat diminati. Akan tetapi pastikan sebelum bermain Kamu tahu dulu pengertian game online yang akan dimainkan agar tidak salah strategi permainan.

Originally posted 2021-06-12 23:04:56.