cara membuat kuesioner skala likert di google form

Pengantar

Di era digital seperti saat ini, kuesioner online semakin banyak digunakan sebagai alat pengumpulan data. Kuesioner online mempermudah proses pengisian dan pengolahan data yang dilakukan oleh peneliti. Salah satu platform yang populer untuk membuat kuesioner online adalah Google Form. Pada artikel ini, kita akan membahas secara detail cara membuat kuesioner skala likert di Google Form.

Sebelum memulai, perlu diketahui bahwa skala likert adalah salah satu jenis skala pengukuran yang paling umum digunakan dalam penelitian. Skala ini memungkinkan responden memberikan tanggapan pada pernyataan-pernyataan yang disajikan. Peneliti kemudian menganalisis data dari tanggapan-tanggapan tersebut untuk mengambil kesimpulan.

Untuk memudahkan Anda dalam membuat kuesioner skala likert di Google Form, berikut adalah 7 langkah yang harus diikuti:

Langkah 1: Membuat Form Baru

Langkah pertama adalah membuka Google Drive dan membuat form baru. Pada halaman utama Google Drive, klik tombol “New” dan pilih opsi “Google Forms”.

Langkah 1
ScreenshotSource: bing.com

Langkah 2: Mengatur Tema Form

Setelah membuat form baru, langkah selanjutnya adalah menentukan tema form. Anda dapat memilih tema yang sudah disediakan oleh Google atau memilih opsi “Choose Image” untuk memilih gambar latar belakang kuesioner.

#TRENDING  cara menambah subscriber youtube gratis
Langkah 2
ScreenshotSource: bing.com

Langkah 3: Menambahkan Pertanyaan

Setelah menentukan tema, Anda dapat mulai menambahkan pertanyaan pada kuesioner. Untuk menambahkan pertanyaan, klik tombol “+” pada bagian paling bawah form. Pilih opsi “Multiple Choice” untuk membuat pertanyaan dengan skala likert.

Langkah 3
ScreenshotSource: bing.com

Langkah 4: Menentukan Skala Likert

Setelah menambahkan pertanyaan multiple choice, Anda perlu menentukan skala likert yang akan digunakan. Untuk melakukan hal ini, klik opsi “Multiple Choice” pada pertanyaan yang telah dibuat dan pilih opsi “Grid” pada bagian “Question Type”. Kemudian atur jumlah kolom dan baris sesuai dengan skala likert yang Anda inginkan.

Langkah 4
ScreenshotSource: bing.com

Langkah 5: Menambahkan Pernyataan

Setelah menentukan skala likert, Anda perlu menambahkan pernyataan pada kuesioner. Untuk menambahkan pernyataan, klik pada kotak pertanyaan dan tuliskan pernyataan yang ingin disajikan. Ingatlah untuk mengubah label pada kolom dan baris sesuai dengan skala likert yang telah ditentukan.

Langkah 5
ScreenshotSource: bing.com

Langkah 6: Menambahkan Pertanyaan Lain

Anda dapat menambahkan pertanyaan lain pada kuesioner dengan mengklik tombol “+” pada bagian paling bawah form. Lakukan langkah-langkah yang sama seperti pada langkah 3 hingga 5 untuk menambahkan pertanyaan dengan skala likert.

Langkah 7: Mengirimkan Kuesioner

Setelah selesai membuat kuesioner skala likert di Google Form, Anda dapat mengirimkan link kuesioner melalui email atau media sosial. Anda juga dapat menyimpan hasil kuesioner pada Google Spreadsheet untuk mempermudah pengolahan data.

Kelebihan dan Kekurangan Cara Membuat Kuesioner Skala Likert di Google Form

Kelebihan

1. Mudah Digunakan Google Form sangat mudah digunakan dan dapat diakses oleh siapa saja yang memiliki akun Google.

2. Gratis Google Form dapat digunakan secara gratis tanpa harus membayar biaya langganan.

3. Dapat Dikelola Dari Jarak Jauh Kuesioner yang dibuat pada Google Form dapat dikelola dari jarak jauh melalui internet.

#TRENDING  game balap motor drag

4. Mempermudah Pengolahan Data Jawaban pada kuesioner yang diisi oleh responden akan langsung tersimpan pada Google Spreadsheet, sehingga mempermudah proses pengolahan data.

5. Beragam Pilihan Pertanyaan Google Form menyediakan beragam pilihan pertanyaan, termasuk multiple choice, skala likert, dan isian singkat.

6. Responsif Google Form dapat diakses melalui berbagai perangkat seperti desktop, laptop, dan smartphone. Tampilan kuesioner pun akan menyesuaikan dengan ukuran layar perangkat yang digunakan.

7. Dukungan Terhadap Berbagai Bahasa Google Form mendukung berbagai bahasa yang memungkinkan peneliti untuk membuat kuesioner dalam berbagai bahasa.

Kekurangan

1. Keterbatasan Pada Skala Likert Google Form hanya menyediakan beberapa jenis skala likert dan tidak dapat digunakan untuk membuat skala likert dengan jumlah kolom dan baris yang tidak sama.

2. Keterbatasan Pada Desain Google Form memiliki keterbatasan pada desain dan tidak dapat sepenuhnya disesuaikan dengan keinginan pengguna.

3. Rentan Terhadap Kesalahan Responden Kuesioner online pada Google Form rentan terhadap kesalahan responden, seperti tidak menjawab pertanyaan sesuai yang dimaksud.

4. Rentan Terhadap Kecurangan Responden Google Form tidak menyediakan fitur untuk memverifikasi identitas responden sehingga rentan terhadap kecurangan seperti pengisian kuesioner oleh orang yang tidak berkepentingan.

5. Keterbatasan Data Analisis Google Form hanya menyimpan data dalam bentuk spreadsheet dan tidak menyediakan fitur analisis data yang lengkap.

6. Tergantung pada Koneksi Internet Google Form membutuhkan koneksi internet untuk mengakses dan mengisi kuesioner. Koneksi internet yang buruk dapat mempengaruhi kualitas data yang diperoleh.

7. Keterbatasan Pada Jumlah Responden Google Form memiliki keterbatasan pada jumlah responden yang dapat mengisi kuesioner pada satu waktu.

Tabel Cara Membuat Kuesioner Skala Likert di Google Form

Langkah Tindakan
1 Buka Google Drive dan buat form baru
2 Atur tema form
3 Tambahkan pertanyaan
4 Tentukan skala likert
5 Tambahkan pernyataan
6 Tambahkan pertanyaan lain
7 Mengirimkan kuesioner

FAQ

1. Apa itu skala likert?

Skala likert adalah salah satu jenis skala pengukuran yang paling umum digunakan dalam penelitian. Skala ini memungkinkan responden memberikan tanggapan pada pernyataan-pernyataan yang disajikan.

#TRENDING  cara mendapatkan uang dari google adsense tanpa blog

2. Apa kelebihan Google Form dibandingkan dengan kuesioner konvensional?

Google Form lebih mudah digunakan, dapat diakses dari jarak jauh, dan mempermudah proses pengolahan data. Selain itu, Google Form dapat dikelola secara gratis dan menyediakan beragam pilihan pertanyaan.

3. Apa kekurangan Google Form dalam pembuatan kuesioner?

Google Form memiliki keterbatasan pada skala likert, desain, data analisis, jumlah responden, dan rentan terhadap kesalahan dan kecurangan responden.

4. Bagaimana cara mengirimkan kuesioner yang telah dibuat pada Google Form?

Setelah selesai membuat kuesioner skala likert di Google Form, Anda dapat mengirimkan link kuesioner melalui email atau media sosial.

5. Apa saja jenis pertanyaan yang tersedia pada Google Form?

Google Form menyediakan beragam pilihan pertanyaan, termasuk multiple choice, skala likert, dan isian singkat.

6. Apakah Google Form dapat digunakan untuk membuat kuesioner dalam berbagai bahasa?

Ya, Google Form mendukung berbagai bahasa yang memungkinkan peneliti untuk membuat kuesioner dalam berbagai bahasa.

7. Bagaimana cara mengolah data dari kuesioner yang telah diisi pada Google Form?

Jawaban pada kuesioner yang diisi oleh responden akan langsung tersimpan pada Google Spreadsheet. Anda dapat menggunakan Spreadsheet untuk mempermudah pengolahan data.

Kesimpulan

Membuat kuesioner skala likert di Google Form sangat mudah dan mempermudah proses pengolahan data dalam penelitian. Meski ada beberapa kekurangan, Google Form tetap menjadi platform yang populer dan efektif untuk membuat kuesioner online. Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips yang telah dijelaskan pada artikel ini, Anda dapat membuat kuesioner skala likert dengan mudah dan efektif.

Jangan ragu untuk mencoba sendiri dan memperkaya pengetahuan Anda tentang metode pengumpulan data di era digital.

Disclaimer

Informasi yang terdapat pada artikel ini hanya bersifat informatif dan tidak dapat dijadikan sebagai pengganti konsultasi dengan ahli. Penulis tidak bertanggung jawab atas penggunaan informasi yang terdapat pada artikel ini.