cara membuat polygon di google earth

Menambahkan Visualisasi Polygon pada Peta Google Earth

Google Earth adalah software pemetaan digital yang memberikan pengguna akses pada peta satelit dan foto-foto permukaan bumi secara global. Salah satu fitur keren yang disajikan oleh Google Earth adalah kemampuan untuk membuat polygon di atas peta bumi. Dalam artikel ini, kita akan mengulas cara membuat polygon di Google Earth secara terperinci.

Apa itu Polygon?

Sebelum masuk ke tutorial cara membuat polygon di Google Earth, ada baiknya kita mengetahui apa itu polygon. Polygon adalah bentuk geometri berdimensi dua yang memiliki lima atau lebih sisi yang terbentuk dengan menghubungkan titik-titik pada bidang. Polygon dapat berbentuk segitiga, persegi, atau bentuk-bentuk lainnya dengan banyak sisi. Dalam Google Earth, polygon digunakan untuk menandai daerah tertentu pada peta dengan bentuk yang lebih jelas dan mudah dipahami.

Kelebihan dan Kekurangan Cara Membuat Polygon di Google Earth

Sebelum kita membahas cara membuat polygon di Google Earth secara terperinci, ada baiknya kita mengeksplorasi kelebihan dan kekurangan dari fitur ini. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan cara membuat polygon di Google Earth:

#TRENDING  download game plants vs zombie 2 mod apk
Kelebihan Kekurangan
Memungkinkan pengguna menandai daerah tertentu dengan bentuk yang lebih jelas dan mudah dipahami Membutuhkan koneksi internet untuk mengakses Google Earth
Memudahkan pengguna dalam membuat visualisasi peta yang lebih kreatif dan interaktif Fitur ini memerlukan waktu dan kesabaran dalam membuat polygon yang tepat sesuai kebutuhan
Memungkinkan pengguna untuk berbagi peta dengan polygon yang sudah dibuat dengan orang lain Fitur ini hanya tersedia di Google Earth versi desktop, sehingga pengguna tidak dapat membuat polygon melalui browser atau aplikasi mobile

Cara Membuat Polygon di Google Earth

Berikut ini adalah cara membuat polygon di Google Earth:

1. Buka Google Earth di desktop.🌐2. Pilih lokasi yang ingin ditandai dengan polygon.📍3. Klik tombol “Add Polygon” pada toolbar di sebelah kanan layar.➕4. Tentukan titik awal polygon dengan mengklik pada peta.🔘5. Klik lagi untuk menghubungkan titik awal dengan titik kedua, dan teruskan melakukan pengklikan untuk membuat polygon dengan bentuk yang diinginkan. 🖱️6. Jika ingin menambahkan titik lagi, klik kanan pada bagian dalam polygon, dan pilih “Add Point” dari menu yang muncul.👉7. Jika ingin menghapus titik, klik kanan pada titik yang ingin dihapus, dan pilih “Delete” dari menu yang muncul.🗑️8. Jika ingin mengedit ukuran atau bentuk polygon, pilih “Edit” dari menu yang muncul dan pilih sisi polygon yang ingin diubah. 📝9. Setelah selesai membuat polygon, beri nama pada polygon dengan klik kanan pada polygon dan pilih “Properties” dari menu yang muncul.🏷️10. Pilih “Style, Color” dan pilih warna dan ketebalan garis polygon yang diinginkan.🌈11. Jika ingin menambahkan deskripsi pada polygon, pilih “Description” dan masukkan deskripsi pada kolom yang tersedia.📝12. Setelah selesai mengedit polygon, klik “OK” untuk menyimpan perubahan dan menutup jendela Properties.✔️13. Polygon yang baru saja dibuat akan muncul pada lapisan Layers di sebelah kiri layar. Untuk menampilkan atau menyembunyikan polygon, cukup centang atau hilangkan tanda centang pada kotak di depan nama polygon di lapisan Layers. 👀

#TRENDING  cara mengembalikan youtube versi lama di hp

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah bisa membuat polygon di Google Earth versi mobile?

Fitur polygon hanya tersedia di Google Earth versi desktop dan tidak tersedia di Google Earth mobile.

2. Bagaimana cara menghapus atau mengedit polygon yang sudah dibuat?

Klik kanan pada polygon dan pilih “Properties” dari menu yang muncul untuk mengedit, atau klik kanan pada titik yang ingin dihapus dan pilih “Delete” dari menu yang muncul untuk menghapus.

3. Apakah nama dan deskripsi polygon dapat diubah setelah dibuat?

Ya, nama dan deskripsi polygon dapat diubah dengan cara mengklik kanan pada polygon dan memilih “Properties” dari menu yang muncul. Kemudian, pilih “Name” atau “Description” dan ubah sesuai keinginan.

4. Apa yang harus dilakukan jika ingin berbagi peta dengan polygon yang sudah dibuat?

Untuk berbagi peta dengan polygon yang sudah dibuat, klik kanan pada polygon dan pilih “Save Place As” dari menu yang muncul untuk menyimpan polygon sebagai file KML. Kemudian, kirimkan file KML tersebut kepada orang yang ingin diberikan akses.

5. Apakah bisa menambahkan foto atau video pada polygon yang sudah dibuat?

Tidak, Google Earth tidak menyediakan fitur untuk menambahkan foto atau video pada polygon yang sudah dibuat.

#TRENDING  download game ppsspp naruto ukuran kecil

6. Apakah polygon dapat digunakan untuk menandai daerah yang dilarang?

Tidak disarankan untuk menggunakan polygon untuk menandai daerah yang dilarang, karena Google Earth hanya memperlihatkan gambar satelit dan tidak memberikan akses pada data terkini mengenai regulasi daerah tersebut.

7. Apakah ada batasan dalam jumlah polygon yang dapat dibuat?

Tidak ada batasan dalam jumlah polygon yang dapat dibuat di Google Earth, namun semakin banyak jumlah polygon, semakin berat pula penggunaan software ini.

Kesimpulan

Dalam panduan ini, kita telah membahas cara membuat polygon di Google Earth dan mengeksplorasi kelebihan dan kekurangan dari fitur ini. Dengan melakukan langkah-langkah yang dijelaskan dengan baik, pengguna dapat dengan mudah membuat polygon di atas peta bumi sesuai dengan kebutuhan dan kemauan. Dengan mengaplikasikan fitur ini, pengguna dapat membuat visualisasi peta yang lebih kreatif dan interaktif untuk banyak kebutuhan. Oleh karena itu, disarankan bagi pengguna Google Earth untuk mencoba membuat polygon dan mengeksplorasi wilayah secara detail.

Action Plan

Jika kamu tertarik untuk menggunakan fitur polygon di Google Earth, cobalah untuk mencoba membuat polygon pada beberapa wilayah yang kamu ketahui. Semakin sering kamu menggunakan fitur ini, kamu akan semakin mahir dan terbiasa dalam mengaplikasikan fitur-fitur penting di Google Earth. Jangan ragu untuk berbagi pengalaman atau hasil karyamu dengan teman atau orang lain yang membutuhkan.

Disclaimer

Artikel ini dibuat untuk tujuan informatif dan tidak dimaksudkan sebagai saran profesional yang berkaitan dengan kesehatan, perawatan, atau pengobatan. Penulis tidak bertanggung jawab atas tindakan atau keputusan yang dibuat setelah membaca artikel ini.