cara mengirim link google drive ke whatsapp

Pendahuluan

WhatsApp menjadi salah satu aplikasi pesan instan yang paling digunakan saat ini. Tak hanya sebagai sarana untuk berkomunikasi, WhatsApp juga kerap digunakan untuk berbagi file atau dokumen penting. Namun, terkadang file yang akan dikirim melebihi batas ukuran file yang ditetapkan. Inilah mengapa Google Drive menjadi solusi terbaik untuk mengirim file dengan ukuran besar. Bagaimana cara mengirim link Google Drive ke WhatsApp? Simak penjelasannya di bawah ini.

Sebelum lanjut ke pembahasan, ada baiknya untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan cara mengirim link Google Drive ke WhatsApp. Berikut penjelasannya.

Kelebihan Mengirim Link Google Drive ke WhatsApp

Mudah dan Cepat

Dengan mengirim link Google Drive ke WhatsApp, kamu akan lebih mudah dan cepat dalam membagikan file atau dokumen yang ukurannya lebih besar. Kamu tak perlu repot untuk membagikan file secara terpisah karena semua file terkait bisa diarsipkan dalam satu link.

#TRENDING  cara blokir akun tiktok

Aman dan Terjamin Privasinya

Dalam mengirim file atau dokumen, privasi menjadi hal yang sangat penting. Dengan mengirim link Google Drive ke WhatsApp, kamu bisa memastikan privasi file atau dokumen tersebut terjamin. Hanya kamu dan orang yang kamu bagikan link itu yang bisa mengakses file atau dokumen tersebut.

Kapasitas yang Lebih Besar

Kapasitas file atau dokumen yang bisa dikirim melalui WhatsApp terbatas, sekitar 16 MB saja. Sementara itu, Google Drive memberikan kapasitas yang lebih besar, kurang lebih sekitar 15 GB. Dengan begitu, kamu bisa mengirim file atau dokumen dengan ukuran yang lebih besar.

Mudah diunduh Ulang

Jika kamu ingin mengunduh file atau dokumen yang telah terkirim melalui WhatsApp, hal tersebut cukup merepotkan. Karena kadang-kadang kamu harus mencari pesan yang telah terkirim tersebut. Nah, jika menggunakan Google Drive, kamu bisa dengan mudah mengunduh file atau dokumen yang terkirim tersebut kembali.

Memudahkan Bagikan ke Banyak Orang

Bagi kamu yang ingin berbagi file atau dokumen ke banyak orang, maka mengirim link Google Drive ke WhatsApp bisa menjadi solusi terbaik. Karena dengan satu link, kamu bisa mengirim ke banyak orang sekaligus.

Terdapat Fitur Keamanan

Selain privasi yang terjamin, Google Drive juga dilengkapi dengan fitur keamanan. Sehingga kamu tak perlu khawatir file atau dokumen tersebut akan mudah diretas atau dicuri.

Bebas dari Batasan Waktu

Sebagaimana diketahui, WhatsApp memiliki batasan waktu untuk mengirim file atau dokumen. Namun, dengan mengirim link Google Drive ke WhatsApp, kamu tak perlu khawatir batasan waktu tersebut berlaku. Karena kamu bisa mengakses link tersebut kapan saja.

Kekurangan Mengirim Link Google Drive ke WhatsApp

Membutuhkan Akses Internet

Untuk mengakses link Google Drive, tentunya kamu membutuhkan akses internet. Jika kamu ingin mengirim link tersebut ke orang yang sedang offline, maka kamu harus menunggu hingga mereka terkoneksi ke internet.

Perlu Memformat Link

Untuk bisa mengirim link Google Drive ke WhatsApp, maka kamu perlu memformat link tersebut. Ini bisa jadi sedikit merepotkan bagi sebagian orang.

Kualitas Gambar Menurun

Jika kamu mengirim file gambar melalui Google Drive ke WhatsApp, maka kualitas gambar tersebut bisa menurun. Ini disebabkan oleh kompresi yang terjadi saat file gambar tersebut diunggah ke Google Drive.

#TRENDING  hp yang cocok untuk game berat 2 jutaan

Batasan Kapasitas Link

Walaupun kapasitas link Google Drive sangat besar, namun link tersebut tetap memiliki batasan kapasitas. Jadi, jika kapasitas dari file atau dokumen yang kamu ingin bagikan melebihi kapasitas link tersebut, kamu harus mencari solusi lain.

Tidak Bisa Mengakses File Tanpa Akses Internet

Jika kamu ingin mengakses file atau dokumen yang terdapat dalam link Google Drive, maka kamu harus terkoneksi ke internet terlebih dahulu. Jadi, jika kamu sedang tidak terkoneksi, maka kamu tak bisa mengakses file yang ada pada link tersebut.

Tidak Selalu Terjamin Keamanannya

Walaupun Google Drive dilengkapi dengan fitur keamanan, namun itu tetap tidak menjamin 100% keamanan file atau dokumen yang kamu miliki. Sebab, ada saja celah keamanan yang bisa dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Memerlukan Aplikasi Google Drive

Jika kamu ingin mengakses file atau dokumen yang terkait pada link Google Drive, maka kamu harus mengunduh aplikasi Google Drive terlebih dahulu. Hal ini bisa jadi sedikit merepotkan bagi mereka yang tidak ingin menambah aplikasi di smartphone-nya.

Cara Mengirim Link Google Drive ke WhatsApp

Berikut ini adalah cara mengirim link Google Drive ke WhatsApp:

No Cara Keterangan
1 Buka Google Drive
2 Pilih file yang ingin dibagikan
3 Tekan tombol “Bagikan”
4 Pilih ikon “Salin tautan”
5 Buka WhatsApp
6 Buka chat dengan orang yang ingin kamu bagikan link tersebut
7 Paste link yang telah kamu salin tadi
8 Bagikan link tersebut

FAQ

1. Dapatkah seseorang yang tidak memiliki akses ke file melalui link Google Drive?

Tidak, karena hanya kamu dan orang-orang yang telah kamu bagikan link tersebut yang mempunyai akses ke file tersebut.

2. Apakah kapasitas yang bisa diunggah ke Google Drive dibatasi?

Ya, kapasitas yang bisa diunggah ke Google Drive tetap dibatasi, meskipun jumlahnya cukup besar.

3. Bagaimana cara membatalkan akses seseorang pada file yang telah dibagikan?

Kamu bisa membatalkan akses seseorang pada file yang telah kamu bagikan dengan cara menghapus akses pada tautan tersebut.

#TRENDING  cara memindahkan akun ff dari fb ke google

4. Apakah kamu bisa mengirim file ukuran lebih besar dari kapasitas link Google Drive?

Tidak, jika file atau dokumen yang ingin kamu bagikan melebihi kapasitas link Google Drive, maka kamu harus mencari solusi lain.

5. Bisakah saya membagikan link Google Drive ke lebih dari satu orang?

Ya, kamu bisa membagikan link Google Drive ke lebih dari satu orang dengan cara mengirim link tersebut pada grup WhatsApp.

6. Akankah kualitas gambar dalam file menurun saat dikirim melalui Google Drive?

Semua file yang diunggah ke Google Drive akan di-kompress dan hal tersebut akan menyebabkan kualitas gambar menurun.

7. Haruskah saya mengunduh aplikasi Google Drive untuk membagikan link ke WhatsApp?

Tidak, kamu tak perlu mengunduh aplikasi Google Drive jika kamu hanya ingin membagikan link Google Drive ke WhatsApp. Namun kamu harus mengunduhnya jika kamu ingin mengakses file yang terkait pada link tersebut.

Kesimpulan

Mengirim link Google Drive ke WhatsApp bisa menjadi solusi terbaik dalam membagikan file atau dokumen yang berukuran besar. Dalam hal ini, Google Drive memberikan kelebihan yang tidak dimiliki oleh WhatsApp, yaitu kapasitas yang lebih besar, keamanan file atau dokumen yang terjamin, kemudahan dalam berbagi ke banyak orang, dan masih banyak lagi.

Namun, cara ini juga memiliki kekurangan, seperti perlu akses internet, kualitas gambar yang menurun, dan harus memformat link tersebut.

Jika kamu ingin mengirim link Google Drive ke WhatsApp, caranya sangat mudah. Hanya dengan beberapa langkah saja, kamu sudah bisa mengirim file atau dokumen yang berukuran besar ke orang lain.

Kata Penutup

Demikianlah cara mengirim link Google Drive ke WhatsApp dengan mudah dan cepat. Namun, sebelum menggunakan cara ini, pastikan kamu memiliki akses internet dan file atau dokumen yang ingin kamu bagikan tidak melebihi kapasitas link Google Drive.

Disclaimer: Artikel ini dibuat hanya untuk tujuan informatif dan tidak dimaksudkan sebagai saran atau rekomendasi penggunaan WhatsApp atau Google Drive. Segala risiko yang muncul dari penggunaan kedua aplikasi tersebut menjadi tanggung jawab masing-masing pengguna.