cara memperbarui youtube

Pendahuluan

YouTube telah menjadi platform video paling populer di dunia selama lebih dari satu dekade. Ini memiliki lebih dari 2 miliar pengguna aktif setiap bulan dan menyediakan konten yang beragam untuk menarik semua jenis audiens. Namun, dengan frekuensi pembaruan yang konstan, tidak jarang kita bertanya-tanya bagaimana memperbarui YouTube agar tetap up-to-date. Sebelum kita memulai, pastikan Anda memiliki versi terbaru dari aplikasi YouTube atau browser Anda. Di artikel ini, kami akan membahas secara detail cara memperbarui YouTube pada sistem operasi Android, iOS, dan desktop Anda.

1. Kelebihan Cara Memperbarui YouTube

Sebelum kita membahas cara memperbarui YouTube, mari kita bahas beberapa keuntungan memperbarui aplikasi ini:

  1. Perbaikan Kesalahan dan Kerentanan: Setiap versi baru dari YouTube menyertakan perbaikan kesalahan dan kerentanan yang membantu menjaga privasi dan keamanan Anda.
  2. Memperbaiki Fitur yang Tidak Berfungsi: Kadang-kadang fitur tertentu mungkin berhenti berfungsi karena kesalahan dalam kode atau masalah teknis lainnya. Memperbarui YouTube akan membantu memperbaiki masalah-masalah tersebut.
  3. Menambahkan Fitur Baru: Versi baru dari YouTube sering kali menyertakan fitur-fitur baru yang membuat pengalaman pengguna lebih baik, seperti tema gelap atau peningkatan kualitas video.
#TRENDING  cara membuka cadangan wa di google drive

2. Kekurangan Cara Memperbarui YouTube

Seperti kebanyakan hal di dunia ini, memperbarui YouTube tidak selalu sempurna. Berikut adalah beberapa kekurangan memperbarui aplikasi ini:

  1. Membutuhkan Waktu: Memperbarui YouTube memakan waktu beberapa menit tergantung pada ukuran file dan kecepatan internet Anda.
  2. Memakan Ruang Penyimpanan: Setiap kali Anda memperbarui YouTube, file baru diunduh dan disimpan di ponsel, tablet, atau desktop Anda. Ini dapat memakan ruang yang berharga, terutama jika Anda memiliki perangkat dengan kapasitas penyimpanan terbatas.
  3. Pembaruan Tidak Selalu Memuaskan: Beberapa pembaruan mungkin tidak mendukung perangkat Anda, atau mungkin tidak sebanding dengan masalah yang sedang Anda alami.

3. Cara Memperbarui YouTube di Android

Sebelum kita memulai, pastikan aplikasi YouTube Anda diunduh dari Google Play Store. Untuk memperbarui YouTube di Android, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka Google Play Store di perangkat Android Anda.
  2. Ketuk ikon tiga garis di sudut kiri atas layar.
  3. Pilih “My apps & games.”
  4. Cari YouTube di daftar aplikasi yang ada.
  5. Jika tersedia, ketuk tombol “Update” di sebelah YouTube.

Jika pembaruan tidak tersedia, pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil dan coba lagi nanti. Jika masalah terus berlanjut, cobalah menghapus cache dan data aplikasi YouTube di pengaturan ponsel Anda.

4. Cara Memperbarui YouTube di iOS

Untuk memperbarui YouTube di iOS, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka App Store di perangkat iOS Anda.
  2. Pilih opsi “Updates” di bagian bawah layar.
  3. Cari YouTube di daftar aplikasi yang perlu diperbarui.
  4. Jika tersedia, ketuk tombol “Update” di sebelah YouTube.

Jika pembaruan tidak tersedia, pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil dan coba lagi nanti. Jika masalah terus berlanjut, cobalah menghapus cache dan data aplikasi YouTube di pengaturan ponsel Anda.

#TRENDING  cara ngerjain asisten google

5. Cara Memperbarui YouTube di Desktop

Untuk memperbarui YouTube di desktop, Anda akan perlu memperbarui versi browser yang Anda gunakan. Jika Anda menggunakan Google Chrome, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka Google Chrome di desktop Anda.
  2. Ketuk ikon tiga titik yang ada di sudut kanan atas layar.
  3. Pilih opsi “Help.”
  4. Pilih opsi “About Google Chrome.”
  5. Chrome secara otomatis akan memeriksa pembaruan dan mengunduh pembaruan jika tersedia.
  6. Setelah selesai mengunduh, ketuk tombol “Relaunch” untuk memperbarui browser.

6. Tabel Cara Memperbarui YouTube

Sistem Operasi Cara Memperbarui YouTube
Android Buka Google Play Store di perangkat Android > Ketuk ikon tiga garis di sudut kiri atas layar > Pilih “My apps & games” > Cari YouTube di daftar aplikasi yang ada > Jika tersedia, ketuk tombol “Update” di sebelah YouTube.
iOS Buka App Store di perangkat iOS Anda > Pilih opsi “Updates” di bagian bawah layar > Cari YouTube di daftar aplikasi yang perlu diperbarui > Jika tersedia, ketuk tombol “Update” di sebelah YouTube.
Desktop Buka Google Chrome di desktop Anda > Ketuk ikon tiga titik yang ada di sudut kanan atas layar > Pilih opsi “Help” > Pilih opsi “About Google Chrome” > Chrome secara otomatis akan memeriksa pembaruan dan mengunduh pembaruan jika tersedia > Setelah selesai mengunduh, ketuk tombol “Relaunch” untuk memperbarui browser.

FAQ Cara Memperbarui YouTube

1. Apakah ada cara lain untuk memperbarui YouTube selain melalui Google Play Store atau App Store?

Tidak. Jika Anda ingin memperbarui YouTube, Anda harus menggunakan toko aplikasi resmi yang terkait dengan sistem operasi perangkat Anda.

2. Apakah saya perlu memperbarui YouTube setiap kali tersedia pembaruan baru?

Tidak harus, tetapi sangat disarankan. Memperbarui aplikasi pada perangkat Anda dapat membantu memperbaiki masalah dan kerentanan yang mungkin ada.

3. Apa yang harus saya lakukan jika pembaruan YouTube tidak tersedia?

Jika pembaruan tidak tersedia, pastikan perangkat Anda terhubung ke internet dan coba lagi nanti. Jika masalah terus berlanjut, cobalah menghapus cache dan data aplikasi YouTube di pengaturan ponsel atau tablet Anda.

#TRENDING  cara menghapus foto profil tiktok

4. Apakah memperbarui YouTube dapat mempengaruhi data dan konten yang sudah ada di akun saya?

Tidak. Memperbarui YouTube hanya mengubah aplikasi itu sendiri dan tidak berpengaruh pada data atau konten Anda.

5. Apakah saya perlu menghapus versi lama dari YouTube sebelum memperbarui aplikasi?

Tidak. Secara otomatis aplikasi lama akan tertimpa oleh versi baru saat Anda melakukan pembaruan.

6. Apa yang harus saya lakukan jika memperbarui YouTube membuat masalah yang lebih besar pada perangkat saya?

Jika memperbarui YouTube mengakibatkan masalah pada perangkat Anda, cobalah menghapus aplikasi dan mengunduhnya kembali dari toko aplikasi resmi. Jika masalah terus berlanjut, hubungi dukungan teknis untuk bantuan lebih lanjut.

7. Apa saja fitur baru yang tersedia dalam pembaruan terbaru YouTube?

Fitur baru dalam pembaruan YouTube bergantung pada versi aplikasi dan sistem operasi yang Anda gunakan. Pastikan Anda membaca catatan rilis untuk mengetahui fitur dan perbaikan apa yang disertakan dalam setiap pembaruan.

Kesimpulan

Sekarang Anda tahu cara memperbarui YouTube di perangkat Android, iOS, dan desktop Anda. Meskipun pembaruan dapat memakan waktu dan memakan ruang penyimpanan pada perangkat Anda, itu layak dilakukan untuk menjaga privasi dan keamanan Anda serta memastikan pengalaman pengguna yang tepat. Pastikan Anda memperbarui YouTube secara teratur untuk memanfaatkan fitur terbaru dan memperbaiki masalah teknis.

Sumber

Carleson, C. (2019). The Complete Guide to Updating YouTube App on Android and iOS. Guiding Tech. Retrieved from https://www.guidingtech.com/how-to-update-youtube-app-android-ios/.

Disclaimer

Artikel ini disediakan untuk tujuan informasi saja. Penggunaan informasi yang disediakan dalam artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab pembaca. Penulis dan penerbit artikel tidak bertanggung jawab atas kerugian atau kerusakan yang timbul dari penggunaan informasi yang disediakan dalam artikel ini.