cara melihat subscriber youtube

Penjelasan Awal tentang Cara Melihat Subscriber YouTube

YouTube saat ini menjadi platform video terbesar di dunia. Jutaan video yang beragam jenis tersedia untuk ditonton, dan banyak orang yang menjadi terkenal atau influencer berkat YouTube. Satu hal yang penting bagi seorang YouTuber adalah jumlah subscriber yang dimilikinya. Hal ini menandakan seberapa banyak orang yang tertarik pada konten yang dibuat. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara melihat subscriber di YouTube. Berikut adalah penjelasannya.

1. Klik Profil Akun

Langkah awal yang bisa dilakukan adalah dengan klik profil akun pengguna YouTube. Hal ini bisa ditemukan di pojok kanan atas layar video. Setelah itu, pengguna bisa melihat jumlah subscriber yang telah subscribe pada kanal tersebut.

#TRENDING  cara membuat link bitly google form

πŸ•΅οΈβ€β™€οΈ

2. Klik Tampilan Kanal

Langkah selanjutnya adalah dengan mengklik tampilan kanal pada profil pengguna YouTube. Kemudian, akan tampil jumlah subscriber pada kolom yang ada di bawah foto kanal.

πŸ‘€

3. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain melalui situs resmi YouTube, pengguna juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melihat jumlah subscriber. Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk hal ini, seperti Social Blade, TubeBuddy, dan VidIQ.

πŸ“±

4. Gunakan Fitur Analytics

Bagi YouTuber yang telah memverifikasi akunnya, tersedia fitur analytics yang bisa digunakan untuk melihat jumlah subscriber secara detail. Dalam fitur ini, pengguna bisa melihat jumlah subscriber harian, mingguan, atau bulanan.

πŸ“ˆ

5. Gunakan Fitur Creator Studio

Bagi YouTuber yang telah memverifikasi akunnya, juga tersedia fitur Creator Studio yang bisa digunakan untuk melihat jumlah subscriber. Pengguna bisa masuk ke Creator Studio dan pilih menu β€œAnalytics” untuk melihat data statistik tentang kanal.

πŸ–₯️

6. Gunakan Konten YouTube Studio

Bagi YouTuber yang ingin melihat data statistik lebih mendetail, bisa menggunakan fitur YouTube Studio. Dalam fitur ini, pengguna bisa melihat data tentang jumlah subscriber, performa video, serta interaksi pengguna.

πŸ”Ž

7. Gunakan Extension Browser

Untuk mempermudah melihat jumlah subscriber pada konten populer YouTube, bisa menggunakan extension browser. Terdapat berbagai macam extension browser yang bisa digunakan untuk melihat jumlah subscriber.

🌐

Kelebihan dan Kekurangan Cara Melihat Subscriber YouTube

1. Kelebihan Cara Melihat Subscriber YouTube

Salah satu kelebihan cara melihat subscriber di YouTube adalah mudah dilakukan. Pengguna bisa melihat jumlah subscriber secara cepat dan akurat. Selain itu, ada berbagai cara yang bisa digunakan, seperti melalui situs resmi, aplikasi pihak ketiga, fitur analytics, dan fitur Creator Studio.

πŸ‘

Kelebihan lainnya adalah pengguna bisa melihat jumlah subscriber dari kanal YouTube yang dipilih. Hal ini bisa membantu pengguna mengetahui seberapa populernya suatu kanal, serta membantu pengusaha atau influencer dalam menentukan strategi pemasaran yang tepat.

#TRENDING  cara menghilangkan google di layar utama

πŸ‘

2. Kekurangan Cara Melihat Subscriber YouTube

Salah satu kekurangan cara melihat jumlah subscriber di YouTube adalah fitur ini tidak memperlihatkan berapa real jumlah viewer dari kanal tersebut. Hal ini bisa membuat kesalahpahaman pada tim marketing, sehingga harus dipisahkan antara total subscriber dan total viewer.

πŸ‘Ž

Kekurangan lainnya adalah jika pengguna menggunakan aplikasi pihak ketiga, pengguna harus waspada terhadap aplikasi yang tidak resmi dan berisiko menyebabkan kerusakan pada akun YouTube. Oleh karena itu, pastikan menggunakan aplikasi yang benar-benar valid dan terpercaya.

πŸ˜”

Tabel tentang Cara Melihat Subscriber YouTube

Jenis Cara Kelebihan Kekurangan
Melalui situs resmi Mudah dilakukan dan akurat Tidak memperlihatkan jumlah viewer
Aplikasi pihak ketiga Beragam aplikasi yang bisa digunakan Berisiko pada akun YouTube
Fitur analytics Detail dan akurat Hanya tersedia untuk akun yang terverifikasi
Fitur Creator Studio Berbagai data statistik tersedia Hanya tersedia untuk akun yang terverifikasi
YouTube Studio Berbagai macam data tersedia Hanya tersedia untuk akun yang terverifikasi
Extension browser Mudah digunakan Perlu waspada terhadap aplikasi tidak resmi

FAQ Cara Melihat Subscriber YouTube

1. Apakah perlu login untuk melihat jumlah subscriber di YouTube?

Iya, pengguna harus login terlebih dahulu untuk melihat jumlah subscriber pada suatu kanal.

2. Apa saja aplikasi yang bisa digunakan untuk melihat jumlah subscriber di YouTube?

Ada beberapa aplikasi, seperti Social Blade, TubeBuddy, dan VidIQ, yang bisa digunakan untuk melihat jumlah subscriber.

3. Apakah memerlukan koneksi internet untuk melihat jumlah subscriber di YouTube?

Iya, pengguna memerlukan koneksi internet untuk melihat jumlah subscriber pada suatu kanal.

4. Apakah cara melihat subscriber di situs resmi YouTube gratis?

Iya, cara melihat subscriber di situs resmi YouTube gratis dan mudah dilakukan.

5. Apakah ada risiko pada akun YouTube jika menggunakan aplikasi pihak ketiga?

Iya, pengguna harus waspada terhadap aplikasi yang tidak resmi dan berisiko menyebabkan kerusakan pada akun YouTube. Oleh karena itu, pastikan menggunakan aplikasi yang benar-benar valid dan terpercaya.

#TRENDING  cara save google spreadsheet

6. Apakah fitur analytics tersedia untuk semua akun YouTube?

Tidak, fitur analytics hanya tersedia untuk akun yang telah memverifikasi akunnya.

7. Bagaimana jika jumlah subscriber suatu kanal tidak tampil pada profil pengguna?

Jika jumlah subscriber suatu kanal tidak tampil pada profil pengguna, kemungkinan kanal tersebut telah menyembunyikan jumlah subscriber dari publik.

Kesimpulan

1. Bagikan Konten secara Aktif

Terus berikan konten yang bermanfaat dan membuat pengguna tertarik. Ini adalah cara terbaik untuk mendapatkan subscriber yang lebih banyak.

2. Gunakan Fitur Analytics

Jangan ragu untuk memanfaatkan fitur analytics yang tersedia. Hal ini bisa membantu Anda memahami audiens Anda dan membuat strategi pemasaran yang tepat.

3. Gunakan Social Media

Manfaatkan social media seperti Twitter, Facebook, atau Instagram untuk mempromosikan kanal YouTube Anda. Ini bisa membantu mendapatkan subscriber yang lebih banyak.

4. Berikan Balasan Kumunikasi kepada Subscriber

Terus berikan tanggapan yang baik terhadap komentar dan kritik yang diberikan oleh subscriber Anda. Hal ini bisa membuat mereka merasa dihargai dan tetap setia sebagai subscriber Anda.

5. Gunakan Aplikasi yang Terpercaya

Terakhir, pastikan menggunakan aplikasi yang benar-benar terpercaya dan valid jika ingin melihat jumlah subscriber menggunakan aplikasi pihak ketiga. Hal ini bisa menghindarkan kerusakan pada akun YouTube Anda.

6. Lakukan Promosi Lewat Iklan

Untuk mengenalkan kanal baru, bisa melakukan promosi melalui iklan baik secara offline maupun online. Hal ini bisa membantu menjangkau calon subscriber yang lebih banyak.

7. Jangan Lupa untuk Menyebutkan Call to Action

Terakhir, jangan lupa untuk menyebutkan call-to-action (CTA) pada akhir video. Hal ini bisa membantu meminta pengguna untuk subscribe, like, atau membagikan video Anda.

Penutup

Demikianlah artikel tentang cara melihat subscriber di YouTube. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu YouTuber atau pengguna YouTube untuk mendapatkan informasi yang tepat tentang jumlah subscriber. Pastikan untuk selalu menggunakan cara yang benar dan valid, serta mematuhi aturan yang berlaku di platform YouTube.