Cara Download Aplikasi Perekam Layar Laptop Terbaik, Gratis dan Mudah

Pada era pandemi ini cara download aplikasi perekam layar laptop menjadi salah satu yang banyak dicari oleh orang. Hal itu dikarenakan banyak aktivitas yang mengharuskan dilakukan di rumah saja.

Aplikasi perekam layar merupakan perangkat lunak yang sering digunakan bagi mereka yang ingin berbagi pengalaman tertentu pada komputer. Biasanya aplikasi ini digunakan untuk membuat video tutorial apapun agar bisa mudah dipahami.

Sejak awal pandemi, melakukan streaming merupakan solusi ketika sedang tidak diperbolehkannya melakukan aktivitas di luar rumah. Sehingga, untuk melakukan streamer diperlukan aplikasi untuk merekam layar.

Mulai dari aktivitas pendidikan dan pekerjaan membutuhkan cara download aplikasi perekam layar laptop. Sebab seperti presentasi harus dilakukan sendiri serta bantuan dari laptop ataupun pc.

Berikut Beberapa Daftar Aplikasi Perekam Layar Laptop

Banyak sekali aplikasi screen recorder, maka dari itu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Beberapa darinya bahkan menyediakan fitur-fitur editing serta sangat berguna sekali untuk meningkatkan kualitas rekaman.

Tetapi harus diingat untuk menginstall screen recorder ini kamu perlu memerhatikan spesifikasi pc atau laptop. Sehingga proses screen recordnya akan berjalan sesuai keinginan dan lancar serta tidak lag.

1. Open Broadcaster Software (OBS)

Open broadcaster software merupakan salah satu software screen recorder pc terbaik. Hal tersebut dikarenakan software ini tidak menimbulkan watermark ketika menggunakannya.

Software ini dapat membantu kamu dalam membuat tugas video maupun live streaming. Kualitas video yang dihasilkan sudah HD dan dapat digunakan untuk streaming di youtube, twitch, dan lainnya.

Spesifikasi yang diminta yaitu prosesor kamu minimal intel i5 2000 dan ram 4gb. Jika spek pc kamu lebih dari itu maka akan lebih maksimal dalam melakukan proses screen record.

2. TinyTake

TinyTake bisa menjadi salah satu alternatif bagi kamu yang ingin tahu cara download aplikasi perekam layar laptop secara gratis. TinyTake ini pertama kali dirilis dan dikembangkan oleh developer ManggoApps.

Walaupun gratis tetapi banya fitur-fitur menari dan bermanfaat yang dihadirkan oleh TinyTake. Mulai dari fitur zoom in/out, merekam seluruh layar atau hanya sebagian, dan masih banyak lainnya.

Sayangnya tinytake ini memiliki kekurangan pengaturan audio yang kurang dan apabila kamu ingin merekam lebih lama harus berbayar. Tetapi kelebihannya yaitu tampilannya sederhana sehingga mudah digunakan untuk pemula.

3. ShareX

Aplikasi selanjutnya ada ShareX, screen recorder ini hanya tersedia untuk laptop dengan OS Windows 7, 8, 10 saja. Jadi pastikan OS laptop kamu sudah sesuai dengan spek minimalnya.

Banyak sekali keunggulan dari sharex, mulai dari gratis tidak berbayar, bersifat open source dan tanpa iklan. Selain itu aplikasi ini cukup ringan jadi kamu tidak perlu spek tinggi untuk bisa menggunakannya.

Sharex bisa menangkap sebagian layar untuk direkam serta bisa juga menangkap area layar berbentuk persegi panjang dan elips. Serta bisa menambahkan efek gambar dan watermark buatan kamu sendiri.

Cara download Aplikasi Perekam Layar Laptop Terbaik

Untuk mengetahui cara download aplikasi perekam layar laptop, kamu tidak memerlukan peralatan atau aplikasi apapun. Kamu hanya memerlukan browser seperti chrome untuk mendownloadnya.

Kamu dapat mendownload aplikasi-aplikasi tersebut dengan cara gratis, pada website official mereka. Kamu tinggal mengklik tulisan download pada website tersebut.

Sesudah terdownload, kamu hanya tinggal melakukan install. Proses installnya sama saja seperti ketika kamu menginstall aplikasi lainnya . setelah anda mendownload file exe yang anda inginkan tersebut , silahkan klik kanan pada mouse anda , dan klik run , tentunya untuk langkah selanjutnya sampai penginstalan di laptop selesai , anda sudah pandai tentunya .

Perlu diingat dengan keadaan pandemi seperti sekarang diperlukan kekreativitasan untuk menghilangkan rasa bosan. Kamu dapat mengetahui cara download aplikasi perekam layar laptop sebagai solusinya.

Originally posted 2021-06-18 08:54:24.