cara blokir di telegram

Telegram adalah aplikasi pesan instan yang sangat populer di kalangan pengguna smartphone saat ini. Karena fitur-fitur yang menarik, Telegram sering digunakan sebagai alternatif dari aplikasi chat lainnya. Namun, tidak semua pengguna Telegram merasa nyaman dengan banyaknya pesan masuk dari kontak yang tidak diinginkan.

Jika kamu sedang mengalami kondisi tersebut, maka kamu bisa menggunakan fitur blokir di Telegram. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara lengkap tentang cara blokir di Telegram. Dari mulai persiapan hingga pengaturan fitur tersebut, kamu akan dipandu satu per satu. Simak terus artikel ini untuk mengetahui lebih banyak tentang cara blokir di Telegram.

Persiapan Sebelum Blokir di Telegram

Sebelum kamu memutuskan untuk blokir kontak di Telegram, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan terlebih dahulu. Berikut adalah persiapan yang harus kamu lakukan sebelum melakukan blokir di Telegram:

  1. Cek Ulang Kontak yang Akan Diblokir 🔎
  2. Sebaiknya kamu memastikan kembali apakah kontak yang akan kamu blokir benar-benar tidak diinginkan atau bahkan merugikan bagi kamu. Jangan sampai kamu keliru memblokir kontak yang sebenarnya sangat penting dalam kehidupanmu.

  3. Backup Chat History 💾
  4. Jika kamu masih menginginkan chat history yang ada, maka sebaiknya kamu melakukan backup terlebih dahulu sebelum melakukan blokir. Kamu bisa melakukan backup melalui fitur built in di Telegram atau menggunakan aplikasi pihak ketiga.

  5. Setelah melakukan backup chat history, pastikan kamu menyimpan backup tersebut di tempat yang aman 🔒
#TRENDING  download game perempuan memasak

Cara Blokir Kontak di Telegram

Jika kamu sudah mempersiapkan segala sesuatunya, maka kamu bisa melanjutkan untuk melakukan blokir kontak di Telegram dengan langkah-langkah berikut:

  1. Cari Kontak yang Akan Diblokir 🔎
  2. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mencari kontak yang akan kamu blokir. Kamu bisa mencarinya melalui fungsi pencarian di Telegram atau melalui daftar kontak yang ada di aplikasi.

  3. Buka Profil Kontak 👤
  4. Jika sudah ditemukan, maka selanjutnya kamu bisa membuka profil kontak tersebut dengan cara meng-klik kontak yang dimaksud.

  5. Pilih Opsi “Blokir” 🚫
  6. Setelah membuka profil kontak, kamu bisa memilih opsi “Blokir” yang terdapat di bagian kanan atas layar. Kamu juga bisa memilih opsi “Riwayat Blokir” untuk melihat daftar kontak yang pernah kamu blokir sebelumnya.

  7. Konfirmasi Blokir 📝
  8. Setelah memilih opsi “Blokir”, kamu akan diminta untuk memilih konfirmasi “Ya” atau “Tidak”. Kamu bisa memilih opsi “Ya” untuk memblokir kontak tersebut atau “Tidak” jika kamu ingin membatalkan.

  9. Blokir Berhasil Dilakukan
  10. Jika proses blokir sudah berhasil dilakukan, maka kontak tersebut tidak akan lagi bisa mengirim pesan atau melakukan panggilan di Telegram. Jangan khawatir, kamu tetap bisa melihat riwayat pesan yang pernah dibuat oleh kontak tersebut.

#TRENDING  100 game dingdong terbaik

Kelebihan dan Kekurangan Cara Blokir di Telegram

Kelebihan:

1. Melindungi Privasi Anda

Dengan fitur blokir di Telegram, kamu bisa melindungi privasi Anda dari pengguna Telegram lain yang mungkin melakukan tindakan yang tidak diinginkan, seperti spamming atau penyebaran informasi yang merugikan.

2. Mudah Digunakan

Fitur blokir di Telegram sangat mudah digunakan. Kamu hanya perlu melakukan beberapa klik untuk memblokir kontak yang tidak diinginkan.

3. Tidak Menghapus Chat History

Meskipun kamu memblokir kontak, riwayat pesan yang pernah dibuat oleh kontak tersebut tetap bisa dilihat.

Kekurangan:

1. Tidak Dapat Menghapus Pesan dari Kontak yang Sudah Diblokir

Meskipun kamu sudah memblokir kontak, kamu tetap tidak bisa menghapus pesan atau file yang pernah dikirim oleh kontak tersebut.

2. Kontak yang Diblokir Masih Bisa Mengakses Profilmu

Walau sudah diblokir, kontak tersebut masih bisa mengakses profilmu. Meskipun demikian, kontak tersebut tidak bisa mengirim atau menerima pesan dari kamu.

3. Masih Bisa Ditemukan di Grup

Jika kontak yang diblokir masuk ke dalam grup, kamu masih bisa menemukan kontak tersebut meskipun sudah diblokir. Meski begitu, kontak tersebut tidak bisa mengirim pesan atau menghubungi kamu secara pribadi.

Tabel: Cara Blokir di Telegram

Langkah-langkah Deskripsi
1 Cari kontak yang akan diblokir
2 Buka profil kontak
3 Pilih opsi “Blokir”
4 Konfirmasi blokir dengan memilih “Ya”
5 Blokir berhasil dilakukan

FAQ: Blokir di Telegram

1. Apakah saat memblokir kontak di Telegram, pesan dan file yang pernah dikirim oleh kontak tersebut akan hilang?

Tidak, pesan dan file yang pernah dikirim oleh kontak tersebut tetap tersimpan di aplikasi Telegrammu.

2. Bagaimana cara backup chat history di Telegram?

Kamu bisa melakukan backup chat history di Telegram melalui fitur built in di aplikasi atau menggunakan aplikasi pihak ketiga.

#TRENDING  game boy supreme

3. Apakah kontak yang diblokir masih bisa mengakses profil kita?

Iya, kontak yang diblokir masih bisa mengakses profil kita, namun tidak bisa mengirim pesan.

4. Apakah kita masih bisa menemukan kontak yang diblokir di grup?

Iya, kita masih bisa menemukan kontak yang diblokir di grup, namun kontak tersebut tidak bisa menghubungi kamu secara pribadi.

5. Apa yang terjadi jika kita membatalkan blokir kontak di Telegram?

Jika kamu membatalkan blokir kontak di Telegram, maka kamu akan bisa berkomunikasi kembali dengan kontak tersebut.

6. Apa yang terjadi jika kontak yang diblokir mengirim pesan kepadamu?

Meskipun kontak yang diblokir mengirim pesan kepadamu, kamu tidak akan menerima pesan tersebut.

7. Apakah kita bisa menghapus pesan dari kontak yang sudah diblokir?

Tidak, kita tidak bisa menghapus pesan atau file yang pernah dikirim oleh kontak yang sudah diblokir.

Kesimpulan

Jika kamu merasa terganggu dengan pesan dari kontak yang tidak diinginkan di Telegram, maka kamu bisa menggunakan fitur blokir untuk melindungi privasimu. Dalam artikel ini, kami sudah membahas secara lengkap tentang cara blokir di Telegram dan kelebihan serta kekurangannya. Dengan mengikuti langkah-langkah yang kami berikan, kamu bisa melakukan blokir dengan mudah dan aman. Namun, jangan sampai salah memilih kontak yang akan diblokir dan tetap jaga privasimu dengan baik.

Disclaimer

Artikel ini hanya bertujuan sebagai informasi dan panduan bagi pengguna Telegram. Kami tidak bertanggung jawab atas penggunaan fitur blokir yang dilakukan oleh pengguna. Kami menyarankan kamu untuk menggunakan fitur ini dengan bijak dan sesuai dengan kebutuhanmu. Terima kasih.