Pajak Civic Turbo – Lengkap Cara Penghitungannya

Sebagai salah satu mobil sport yang populer, Honda Civic Turbo telah menjadi primadona di kalangan pecinta otomotif. Selain desainnya yang elegan dan performa yang mengagumkan, pajak Civic Turbo juga memainkan peran penting dalam penggunaan kendaraan ini. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara mendalam tentang pajak Civic Turbo serta kelebihan dan kekurangannya. Jadi, jika Anda adalah pemilik atau calon pemilik Civic Turbo, jangan lewatkan informasi berharga ini!

Pajak Civic Turbo: Apa yang Perlu Anda Ketahui?

Sebelum kita masuk ke dalam detail pajak Civic Turbo, penting untuk memahami apa itu pajak dan mengapa hal itu relevan dalam kepemilikan kendaraan. Pajak merupakan kontribusi finansial yang harus dibayarkan kepada pemerintah sebagai bentuk tanggung jawab atas kepemilikan kendaraan bermotor. Kebijakan dan tarif pajak dapat bervariasi berdasarkan negara dan jenis kendaraan yang dimiliki.

Untuk Civic Turbo, pajak yang harus dibayarkan tergantung pada beberapa faktor, termasuk nilai kendaraan, kapasitas mesin, dan wilayah tempat kendaraan terdaftar. Selain itu, ada juga beberapa jenis pajak yang perlu diperhatikan, seperti Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM), Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), dan Pajak Penghasilan (PPh).

Bearapa pajak civic turbo tahun 2017 , 2020, 2021

Rumus perhitungan pajak untuk mobil Honda Civic Turbo sangat kompleks dan sulit untuk diprediksi. Mobil ini dilengkapi dengan mesin 4 silinder yang memiliki tenaga sebesar 173 hp dan torsi 220 Nm. Pengalaman berkendara dengan mobil ini benar-benar istimewa. Namun, untuk menikmati semua keuntungan itu, Anda harus membayar harga mulai dari Rp584,9 juta untuk tipe RS, dan tipe R bahkan mencapai Rp1,17 miliar.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tarif pajak mobil ini, di antaranya Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN KB), Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ), biaya administrasi Tanda Nomor Kendaraan Bermotor, serta pengesahan dan penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan.

  • Rumus perhitungan pajak pertama meliputi BBN KB, PKB, SWDKLLJ, biaya administrasi TNKB, dan bea administrasi STNK.
  • Untuk BBN KB, tarifnya adalah 10 persen dari harga jual mobil.
  • Untuk PKB, tarifnya sebesar 2 persen dari nilai jual kendaraan bermotor (NJKB). SWDKLLJ memiliki tarif tetap sebesar Rp143.000.
  • Biaya administrasi TNKB sebesar Rp100.000.
  • Sedangkan untuk bea administrasi dan penerbitan STNK, tarifnya adalah Rp50.000 + Rp200.000.
#TRENDING  pajak honda city 2008

Sementara itu, rumus perhitungan pajak untuk tahun-tahun berikutnya mencakup SWDKLLJ, PKB, dan biaya administrasi. Tarif SWDKLLJ tetap Rp143.000. Untuk PKB, tarifnya adalah 2 persen dari nilai jual mobil. Biaya administrasi memiliki tarif sebesar Rp50.000.

Dengan mengetahui harga jual mobil Honda Civic Turbo, kita dapat memperkirakan berapa besar pajak yang harus dibayarkan. Berikut adalah daftar tarif pajak mobil Honda Civic Turbo dari yang terlama hingga terbaru.

1. Pajak honda civic turbo tahun 2017

honda civic turbo

Pada tahun 2017, Honda merilis Honda Civic hatchback dan sedan dengan desain yang tangguh dan sporty. Harga jual mobil Honda Civic Turbo tahun 2017 adalah Rp348 juta.

Pajak tahunan untuk mobil Honda Civic Turbo tahun 2017 dapat dihitung dengan rumus berikut:

  • BBN-KB sebesar 10% x Rp348.000.000 = Rp34.000.000,
  • PKB sebesar 2% x Rp348.000.000 = Rp6.960.000,
  • SWDKLLJ sebesar Rp143.000,
  • biaya administrasi TNKB sebesar Rp100.000, dan
  • bea administrasi dan penerbitan STNK sebesar Rp50.000 + Rp200.000.

Jadi, tarif pajak untuk Honda Civic Turbo 2017 adalah Rp34.000.000 + Rp6.960.000 + Rp143.000 + Rp100.000 + Rp50.000 + Rp200.000 = Rp41.553.000. Untuk pajak tahun-tahun berikutnya, pajaknya akan lebih rendah, yaitu sebesar Rp6.960.000 + Rp143.000 + Rp50.000 = Rp7.153.000.

2. Pajak civic turbo 1,5 tahun 2020

honda civic turbo 2020

Pada tahun 2020, Honda Civic 1.5 VTEC Turbo dijual dengan harga mulai dari Rp452 juta untuk plat Jakarta. Tarif pajak mobil Honda Civic Turbo tahun 2020 meliputi :

  • SWDKLLJ sebesar Rp143.000,
  • PKB sebesar 2% x Rp452.000.000 = Rp9.040.000
  • Biaya administrasi sebesar Rp50.000.

Jadi, tarif pajak Honda Civic 2020 adalah Rp9.233.000 per tahun.

3. Pajak civic turbo 2021

mobil civic

Untuk tahun 2021, Honda Civic Turbo hadir dalam dua varian, yaitu entry level 1.5L turbo dengan harga Rp533 juta dan varian tertinggi Honda Civic RS 2022 dengan harga Rp567 juta.

  • Untuk tarif pajak tahunan mobil Honda Civic entry level tahun 2021, PKB-nya adalah 2% x Rp533.000.000 = Rp10.660.000,
  • SWDKLLJ sebesar Rp143.000
  • Biaya administrasi sebesar Rp50.000.

Jadi, pajak tahunan yang harus dibayarkan adalah Rp10.853.000. Sedangkan untuk varian RS, PKB-nya adalah 2% x Rp567.000.000 = Rp11.340.000, SWDKLLJ sebesar Rp143.000, dan biaya administrasi sebesar Rp50.000. Jadi, pajak tahunan yang harus dibayarkan adalah Rp11.533.000.

Demikianlah tarif pajak mobil Honda Civic Turbo yang kompleks dan sulit untuk diprediksi. Anda perlu mempertimbangkan semua faktor dan rumus perhitungan yang telah disebutkan sebelum membeli mobil ini. Pastikan Anda mengatur anggaran dengan baik agar tidak terkejut dengan pajak yang harus dibayar setiap tahunnya.

Sekarang, mari kita lihat kelebihan dan kekurangan pajak Civic Turbo serta penjelasan detailnya.

Kelebihan Pajak Civic Turbo

1. Kinerja Mesin yang Mengagumkan 🔥
Civic Turbo dilengkapi dengan mesin yang bertenaga dan responsif, menghasilkan performa yang luar biasa. Kelebihan ini membuat pengalaman berkendara menjadi lebih menyenangkan dan memuaskan.

2. Desain yang Elegan dan Sporty 🔥
Tampilan luar Civic Turbo yang modern dan sporty membuatnya menonjol di jalan. Desainnya yang aerodinamis tidak hanya memperindah kendaraan, tetapi juga meningkatkan efisiensi bahan bakar.

3. Teknologi Canggih 🔥
Civic Turbo dilengkapi dengan berbagai fitur teknologi canggih, seperti sistem infotainment terbaru, koneksi Bluetooth, dan kamera belakang. Semua fitur ini memberikan kenyamanan dan keamanan maksimal selama perjalanan.

4. Efisiensi Bahan Bakar yang Baik 🔥
Dibandingkan dengan mobil sport sejenis, Civic Turbo menawarkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Mesinnya yang canggih mengoptimalkan penggunaan bahan bakar sehingga pengendara dapat menikmati perjalanan jarak jauh tanpa khawatir kehabisan bahan bakar.

#TRENDING  daftar motor yang sudah bebas pajak di indonesia

5. Prestise dan Nilai Jual Tinggi 🔥
Sebagai mobil sport terkenal, Civic Turbo memiliki prestise yang tinggi. Hal ini memberikan keuntungan bagi pemiliknya dalam hal nilai jual kendaraan ini di pasar mobil bekas.

6. Handling yang Responsif 🔥
Civic Turbo didesain untuk memberikan pengalaman berkendara yang sporty dan menyenangkan. Sistem suspensi yang canggih dan handling yang responsif membuat mobil ini mudah dikendalikan dalam kecepatan tinggi maupun saat berbelok.

7. Keamanan yang Unggul 🔥
Honda Civic Turbo dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan terkini, seperti sistem pengereman canggih, airbag, dan kamera belakang. Semua ini bertujuan untuk memberikan perlindungan maksimal kepada pengemudi dan penumpang.

Kekurangan Pajak Civic Turbo

1. Pajak yang Tinggi 😔
Salah satu kekurangan memiliki mobil sport seperti Civic Turbo adalah pajak yang tinggi. Karena mesinnya yang bertenaga dan kapasitasnya yang besar, pajak yang harus dibayarkan juga akan lebih tinggi dibandingkan dengan jenis mobil lainnya.

2. Perawatan yang Mahal 😔
Sebagai mobil sport, Civic Turbo membutuhkan perawatan khusus yang mungkin memerlukan biaya yang lebih tinggi. Suku cadang dan layanan bengkel resmi juga mungkin lebih mahal dibandingkan dengan mobil biasa.

3. Potensi Pemakaian Bahan Bakar yang Lebih Banyak 😔
Meskipun Civic Turbo memiliki efisiensi bahan bakar yang baik dibandingkan dengan mobil sport sejenis, penggunaan mesin yang bertenaga mungkin mengakibatkan konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi, terutama saat digunakan dengan kecepatan tinggi.

4. Keterbatasan Ruang Bagasi 😔
Civic Turbo memiliki ruang bagasi yang lebih kecil dibandingkan dengan sedan pada umumnya. Hal ini mungkin menjadi kendala jika Anda sering membawa barang bawaan yang besar atau dalam jumlah banyak.

5. Kenyamanan Merupakan Kompromi 😔
Meskipun Civic Turbo menawarkan performa yang mengagumkan, namun kenyamanan mungkin menjadi kompromi. Suspensi yang kaku dan posisi duduk yang rendah dapat membuat perjalanan jarak jauh terasa sedikit tidak nyaman.

6. Kesulitan dalam Parkir 😔
Dengan dimensinya yang agak lebih besar, Civic Turbo mungkin menghadapi kesulitan saat mencari tempat parkir di area yang padat. Hal ini perlu diperhatikan terutama jika Anda sering menggunakan kendaraan ini di perkotaan yang padat penduduknya.

7. Biaya Asuransi yang Lebih Tinggi 😔
Karena merupakan mobil sport, biaya asuransi untuk Civic Turbo mungkin lebih tinggi dibandingkan dengan mobil biasa. Ini adalah faktor yang harus dipertimbangkan jika Anda menginginkan perlindungan asuransi yang lengkap untuk kendaraan Anda.

Informasi Lengkap tentang Pajak Civic Turbo

Jenis Pajak Penjelasan
Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) Pajak ini dikenakan saat pembelian kendaraan baru, termasuk Civic Turbo. Tarif PPnBM bervariasi berdasarkan harga dan kapasitas mesin kendaraan.
Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Pajak ini merupakan pajak tahunan yang harus dibayarkan oleh pemilik kendaraan bermotor. Tarif PKB dipengaruhi oleh kapasitas mesin dan wilayah tempat kendaraan terdaftar.
Pajak Penghasilan (PPh) Pajak ini berkaitan dengan penghasilan yang diperoleh dari pemakaian Civic Turbo sebagai kendaraan pribadi atau komersial.

FAQ tentang Pajak Civic Turbo

1. Berapa pajak yang harus saya bayar untuk Civic Turbo?

Pajak yang harus dibayarkan untuk Civic Turbo tergantung pada faktor-faktor seperti nilai kendaraan, kapasitas mesin, dan wilayah tempat kendaraan terdaftar.

#TRENDING  cek pajak kendaraan jepara

2. Apakah harga pajak Civic Turbo lebih tinggi dibandingkan dengan mobil biasa?

Ya, pajak Civic Turbo cenderung lebih tinggi karena mesin yang bertenaga dan kapasitasnya yang lebih besar.

3. Bagaimana cara menghitung pajak Civic Turbo?

Penghitungan pajak Civic Turbo dapat dilakukan dengan mengacu pada tarif yang berlaku di wilayah tempat kendaraan terdaftar. Biasanya, tarif pajak ini diatur oleh pemerintah setempat.

4. Apakah pajak tersebut harus dibayar setiap tahun?

Ya, pajak kendaraan seperti PKB harus dibayarkan setiap tahun sebagai tanggung jawab atas kepemilikan kendaraan bermotor.

5. Apakah pajak Civic Turbo termasuk dalam harga pembelian kendaraan?

Tidak, pajak seperti PPnBM tidak termasuk dalam harga pembelian kendaraan. Pajak tersebut harus dibayarkan secara terpisah oleh pemilik kendaraan.

6. Bisakah saya membayar pajak secara online?

Ya, sebagian besar pemerintah daerah memiliki layanan pembayaran pajak online untuk memudahkan pemilik kendaraan dalam membayar pajak.

7. Apakah pajak Civic Turbo sama di setiap wilayah?

Tidak, tarif pajak Civic Turbo dapat berbeda di setiap wilayah tergantung pada kebijakan pemerintah daerah setempat.

8. Apakah saya bisa mengajukan pembebasan pajak untuk Civic Turbo?

Pembebasan pajak untuk Civic Turbo dapat diberikan dalam beberapa kasus tertentu, seperti kendaraan dinas atau kendaraan dengan kondisi khusus yang sesuai dengan aturan yang berlaku.

9. Apakah pajak kendaraan dapat diangsur?

Beberapa pemerintah daerah memungkinkan pemilik kendaraan membayar pajak secara angsuran, namun hal ini perlu diatur dan disesuaikan dengan aturan pembayaran pajak yang berlaku di wilayah Anda.

10. Apakah ada denda jika saya terlambat membayar pajak Civic Turbo?

Ya, terlambat membayar pajak kendaraan seperti PKB biasanya akan dikenakan denda yang besarnya tergantung pada kebijakan pemerintah daerah setempat.

11. Apakah pajak kendaraan harus dibayar meskipun kendaraan tidak digunakan?

Ya, pajak kendaraan harus dibayarkan meskipun kendaraan tidak digunakan. Pajak tersebut merupakan tanggung jawab atas kepemilikan kendaraan bermotor.

12. Apakah pajak kendaraan dapat diuruskan oleh pihak lain?

Ya, pemilik kendaraan dapat memberikan kuasa kepada pihak lain untuk mengurus pembayaran pajak kendaraan dengan membuat surat kuasa yang sah.

13. Bagaimana cara memperpanjang pajak kendaraan?

Pemperpanjangan pajak kendaraan dapat dilakukan dengan mengunjungi kantor Samsat terdekat atau melalui layanan online yang disediakan oleh pemerintah daerah setempat.

Pajak Civic Turbo merupakan aspek penting yang perlu diperhatikan bagi pemilik atau calon pemilik kendaraan ini. Meskipun pajaknya tinggi, namun kelebihan yang ditawarkan oleh Civic Turbo tidak dapat disangkal. Performa yang mengagumkan, desain yang elegan, dan fitur-fitur canggih menjadi nilai tambah dari kepemilikan mobil sport ini. Namun, perlu diingat bahwa perawatan yang mahal dan beberapa keterbatasan juga harus dipertimbangkan sebelum memiliki kendaraan ini. Jadi, jika Anda adalah penggemar mobil sport yang ingin memiliki Civic Turbo, pastikan Anda siap dengan tanggung jawab finansial yang diperlukan. Jangan lupa untuk membayar pajak secara tepat waktu dan menikmati pengalaman berkendara yang menyenangkan!

Kata Penutup

Artikel ini hanya bertujuan untuk memberikan informasi umum tentang pajak Civic Turbo. Setiap peraturan dan tarif pajak dapat berbeda di setiap wilayah. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau membutuhkan informasi yang lebih akurat, disarankan untuk menghubungi pihak berwenang terkait atau kantor Samsat di wilayah Anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!