Cara Mengatasi HP Bootloop Tanpa Ribet

Cara mengatasi HP bootloop tanpa ribet dan beresiko wajib untuk Kamu ketahui. Bootloop sendiri merupakan salah satu kondisi dimana perangkat lunak pada HP telah mengalami kerusakan.

Hal ini dikarenakan OS gagal masuk pada sistem pokok pada HP tersebut sehingga menyebabkan bagian layar menampilkan satu perintah saja. Kondisi ini menyebabkan munculnya logo Android atau vendor secara berulang-ulang.

Apabila kondisi seperti ini terjadi maka tidak perlu khawatir dimana Kamu bisa memperbaikinya sendiri tanpa harus datang ke counter. Sebab jika memperbaiki di konter maka Kamu akan dikenakan biaya.

Apalagi tingkat kerusakan juga memberikan pengaruh terhadap seberapa besar biaya yang dikeluarkan. Oleh sebab itu apabila Kamu yakin bahwa kerusakan smartphone Kamu dikarenakan hal tersebut maka bisa mempraktikkan cara mengatasi HP bootloop.

Apalagi cara ini tidak akan beresiko sehingga jika gagal maka handphone Kamu tidak akan bertambah rusak. Namun pastikan bahwa Kamu mengikuti cara ini tanpa ada melewatkannya.

Bahkan dengan mengikuti langkah ini Kamu tidak perlu mengganti handphone yang digunakan. Jadi akan sangat membantu sekali terutama jika Kamu tidak memiliki dana untuk membeli yang baru.

Cara Mengatasi HP Bootloop dengan Hapus Cache

Langkah pertama yang bisa dilakukan dan sangat muda adalah dengan membersihkan file cache yang ada di Smartphone Anda. Cara ini bisa dilakukan dengan masuk ke menu recovery mode.

Tentunya setiap smartphone memiliki menu recovery mode yang berbeda-beda contohnya seperti smartphone Samsung di mana Kamu harus menekan home + tombol power. Atau ada juga smartphone dengan menu power + volume down + power on yang ditekan secara bersama-sama.

Atau Kamu bisa juga menekan tombol power + volume up + tombol power. Jadi agar bisa masuk ke menu recovery mode maka Kamu harus mengetahui sistem yang ada pada smartphone Kamu karena semuanya berbeda-beda.

Apabila telah masuk ke dalam menu tersebut maka Kamu bisa memilih wipe cache partition. Kemudian akan muncul menu konfirmasi dan pilihlah yes maka perangkat akan mulai secara otomatis.

Pastinya cara mengatasi HP bootloop sangat gampang sekali namun Kamu terlebih dahulu harus tahu bagaimana cara masuk ke menu recovery mode tersebut. Dengan langkah semudah ini maka ketika terjadi masalah yang sama tidak perlu khawatir lagi.

Apalagi untuk memperbaiki smartphone atau membeli yang baru maka dibutuhkan dana yang tidak sedikit. Pastinya sangat berbahaya jika pada saat masalah ini terjadi Kamu tidak memiliki dana untuk membeli yang baru atau memperbaiki nya.

Menginstal Ulang Firmware atau Flashing

Langkah lainnya yang bisa dilakukan adalah menginstal ulang firmware atau biasa disebut sebagai flashing. Akan tetapi sebelum melakukan langkah ini pastikan bahwa Kamu memiliki stock rom yang pas dan sesuai dengan smartphone.

Sebab jika tidak menyediakannya maka bukannya memperbaiki HP justru merusaknya semakin parah. Selain itu Kamu harus backup semua data yang ada di dalamnya terutama jika berisi dokumen penting.

Karena ketika melakukan proses ini bisa menghapus semua file yang ada di perangkat. Jadi Kamu harus membuat sebuah folder yang isinya file yang dibutuhkan dan bisa mempermudah Kamu ketika mencari firmware yang akan diinstal nanti.

Lalu langkah lain yang harus dilakukan adalah masuk ke mode recovery dan memilih menu apply update from external atau instal update package. Kemudian baru Kamu memilih firmware yang sebelumnya telah disimpan.

Lalu langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menemukan tombol power apabila kursor sudah memilih menu yang ada di bagian atas. Kemudian yang harus Kamu lakukan hanyalah menunggu proses instalasi berjalan sampai akhir.

Apabila selesai maka pilihlah menu reboot system now sehingga nantinya smartphone akan kembali seperti normal. Pastinya langkah ini sangat mudah sekali dan bisa membimbing Kamu untuk memperbaikinya.

Jadi dengan cara mengatasi HP bootloop ini maka Kamu tidak akan membuang waktu, tenaga, dan uang untuk membuat handphone berfungsi seperti semula. Apalagi benda ini memiliki banyak fungsi dan tidak bisa dilepas dari kehidupan sehari-hari.

Keywords: cara mengatasi HP bootloop

Deskripsi: Cara mengatasi HP bootloop tanpa ribet dan beresiko wajib untuk Kamu ketahui. Bootloop sendiri merupakan salah satu kondisi dimana perangkat lunak pada HP telah mengalami kerusakan.

Originally posted 2021-06-30 00:31:00.