Cara Mengatasi HP Kena Air Baterai Tanam, Berikut Langkahnya

Ternyata sampai sekarang hampir semua orang belum paham cara mengatasi HP kena air baterai tanam. Namun justru kebanyakan pengguna melakukan kesalahan ketika smartphone sedang terkena air secara tidak sengaja.

Ada berbagai kasus yang bikin ponsel pintar terkena air walaupun tidak disengaja, mulai dari masuk kolam, terkena hujan, sampai jatuh di bak mandi. Mengingat kebiasaan seseorang berbeda-beda jadi banyak penyebabnya.

Mengaku saja, mungkin kamu dalam teori bisa menguasai, tetapi ketika mengalami masalah langsung biasanya akan terjadi panik. Rasa panik yang ditimbulkan secara berlebihan cuma bikin kamu tidak bisa memperbaiki ponsel.

Walaupun perkembangan teknologi pada HP sudah canggih dan modern bukan berarti menjamin semua smartphone sudah anti air. Memang sebagian sudah memiliki fitur ini, tapi tetap saja kebanyakan harus dijauhkan darinya.

Air memang menjadi salah satu musuh utama bagi alat elektronik apapun, khususnya gadget. Dikarenakan seluruh komponen ponsel pintar disusun menggunakan partikel-partikel yang tidak boleh terkena apalagi terendam pada sebuah air.

Penasaran bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut? Jangan sampai panik tapi cobalah menerapkan langkah-langkah dari kami. Disarankan tidak terlalu terburu-buru mengambil keputusan supaya tidak salah langkah pada saat terkena musibah tersebut.

#TRENDING  3 Cara Menampilkan Tanggal di Kamera Samsung M31 yang Tepat

Urutan Cara Mengatasi HP Kena Air Baterai Tanam Tanpa Sulit

Sebenarnya menghindari kerusakan selama gadget terkena percikan air cenderung mudah, bahkan bisa dilakukan siapapun. Untuk itu kami akan menjelaskan seluruh tahapan dari awal terkena hingga akhir yang wajib dijalankan berurutan.

1. Pastikan Ponsel dalam Keadaan Mati

Pada saat sebuah ponsel terkena musibah di atas, hampir semua orang melakukan kesalahan seperti mati hidupkan power. Hal itu salah sebab bisa mengakibatkan gadget kamu mengalami korsleting sehingga semakin parah.

Pastikan untuk mematikan smartphone selagi basah kuyup dan jangan pernah menghidupkan sedikitpun. Tujuan dari mematikannya adalah agar semua mesin dan bagian penting tidak bekerja demi menghindari korsleting yang dapat memperparah.

2. Mengelap Seluruh Bagian Smartphone

Lanjut pada urutan kedua, setelah yakin power mati kemudian bersihkan seluruh bagian luar pada ponsel. Ingat, yang diperbolehkan adalah mengelap menggunakan lap khusus atau tissue untuk mengeringkan ponsel pintar pribadi.

#TRENDING  Cara Menyematkan Chat WA di iPhone Sekaligus

Dalam mengeringkan bagian ponsel hindari penggunaan hair dryer karena ini hanya membuat air masuk dan menyerang banyak komponen lainnya. Sesudah mengelap secara keseluruhan, bukan berarti masalah selesai begitu saja.

3. Masukkan HP di Timbunan Beras

Lanjutkan dengan memasukkan HP milikmu ke dalam tumpukkan beras sampai benar-benar tidak kelihatan. Meskipun dianggap remeh, ketika sudah dimasukkan ke timbunan beras dijamin bisa membuat gadget kamu menjadi kering nantinya.

Cara mengatasi HP kena air baterai tanam dengan memasukkannya ke tumpukan beras sangat disarankan setelah bagian luar kering. Tunggulah hingga seharian untuk memastikan bahwa air benar-benar diserap pada timbunan beras.

Setelah sehari direndam di dalamnya, lalu ambil smartphone pribadi tersebut dan bersihkan langsung. Mengingat beras pasti membuat ponselmu bisa kotor, lap bagian luar hingga benar-benar bersih seperti sebelum dimasukkan beras.

4. Hidupkan Power untuk Dicoba

Berikutnya kamu harus mencoba menghidupkan power pada HP, kami jamin cara ampuh ini membuat ponsel hidup kembali. Setelah smartphone berhasil hidup, pastikan untuk mengulangi atau reboot dalam waktu yang sama.

Pada saat reboot atau mengulang sistem sudah dilakukan dijamin dapat kembali digunakan dengan normal seperti biasanya. Namun kamu jangan cuma berhenti sampai di sini, melainkan harus mengecek keadaan komponen HP.

#TRENDING  Cara Membuat Akun Vivo Cloud di Y12 Melalui Email dan Nomor HP

5. Cek Smartphone ke Tempat Servis Resmi

Melihat kasus terkena air, pasti ada beberapa komponen yang sudah tidak bekerja maksimal lagi, oleh karena itu cobalah mengecek ke tempat servis. Selagi ada kerusakan tanpa terlihat lebih baik diganti.

Sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi jika mengalami masalah di atas bisa melewati dengan mudah. Cara mengatasi HP kena air baterai tanam sangat mudah bukan? Jadi jangan terburu-buru ganti smartphone!