Aplikasi Penghasil Uang Halal, Pastikan Syaratnya Terpenuhi

Saat ini ada banyak aplikasi penghasil uang halal yang ada di playstore. Apakah benar deretan aplikasi tersebut bisa dilabeli halal? Tentu hal ini harus kita pertimbangkan dengan baik. Jangan asal memilih karena ini bersifat prinsipil.

Bagi seorang muslim, halal dan haram adalah hal yang begitu penting. Kita tidak boleh menentukan sebuah hukum tanpa landasan yang jelas. Diperlukan pemahaman yang benar-benar matang untuk menentukannya.

Sayangnya saat ini ada banyak pihak yang terlalu tergesa-gesa dalam menentukan halal atau tidaknya sesuatu. Khususnya untuk aplikasi penghasil uang yang ada di internet saat ini. Ada banyak sekali aplikasi yang dilabeli halal bahkan tanpa dasar hukum sama sekali.

Deretan Aplikasi Penghasil Uang Halal yang Viral Saat Ini

Dikutip dari berbagai sumber, ada banyak sekali aplikasi yang disebut bisa menghasilkan uang halal. Bahkan banyak juga media yang melakukan ulasan terkait hal ini. Berikut ini deretan aplikasi penghasil uang yang dianggap halal tersebut :

  1. Snack Video
  2. Tiktok
  3. Neo +
  4. Cashzine
  5. Buzzbeat
  6. Buzz Break
  7. Hello
  8. Youtube
  9. Instagram
  10. Island King
  11. Domino Plus
  12. Axie Infinity
  13. Cashpop
  14. Facebook Studio
  15. Whaff Reward
  16. Fingo Indonesia
  17. Baca Plus, dll

Aplikasi yang kami sebutkan di atas terbukti membayar tugas-tugas yang diberikan kepada Anda. Cara pembayarannya juga sangat beragam dari mulai menggunakan paypal, konversi pulsa, hingga transfer langsung ke rekening.

Beberapa Standar Aplikasi Penghasil Uang yang Halal Dalam Ajaran Islam

Perlu dipahami, ada beberapa standarisasi halal yang wajib Anda pahami agar tidak salah langkah dalam memilih aplikasi penghasil uang halal di internet. Sudah tentu ada beberapa standard yang harus dipenuhi oleh aplikasi tersebut.

1. Sesuai dengan Quran dan Hadits

Umumnya kita bisa menyebut deretan aplikasi tersebut harus sesuai dengan ajaran Islam baik yang termaktub di dalam Al-Quran maupun Hadits. Jika tidak terpenuhi, maka sudah jelas hukumnya adalah haram. 

Karena jika kita bicara profesi atau langkah menghasilkan uang, hanya ada dua opsi yakni halal dan haram, tidak ada kata mubah di dalam koridor ini. Jadi opsi yang bisa Anda lakukan adalah melakukannya atau meninggalkannya.

2. Aplikasi tidak mengandung unsur riba dan gharar

Secara lebih spesifik, aplikasi penghasil uang tersebut tidak boleh mengandung riba sama sekali. Hal ini dikarenakan riba merupakan hal yang terlarang di dalam Islam.

Ketika Anda menggunakan aplikasi yang mengarahkan orang-orang untuk berbuat riba. Maka aplikasi tersebut haram hukumnya.

3. Aplikasi tidak boleh memperlihatkan aurat 

Memperlihatkan aurat adalah hal yang sangat terlarang di dalam Islam. Hal ini berlaku baik untuk laki-laki maupun perempuan. Jika Anda menggunakan aplikasi penghasil uang halal; yang justru banyak memperlihatkan aurat, maka tentu saja aplikasi tersebut haram untuk digunakan.

4. Aplikasi tidak membuat Anda jadi berbohong

Ada beberapa jenis aplikasi yang mengharuskan Anda melakukan review atau rating terhadap sebuah produk dan jasa. Ketika Anda melakukan misi seperti ini, pastikan untuk tidak berbohong.

Melakukan kebohongan juga melakukan hal yang terlarang di dalam Islam. Sudah tentu kebohongan seperti ini tidak bisa ditolerir dan diharamkan.

5. Aplikasi tidak melalaikan Anda untuk beribadah kepada Allah

Hal apapun akan berubah menjadi haram hukumnya jika membuat Anda bermaksiat kepada Allah dan melupakan kewajiban yang sudah digariskan. Misalnya Anda terlalu fokus memainkan aplikasi penghasil uangsampai lupa shalat.

Hal ini dianggap perbuatan yang sia-sia dan berpotensi menjadi haram jika terus dilakukan. Bicara halal atau haram tidak boleh sembarangan.

Jika Anda menghalalkan sesuatu yang diharamkan, ini adalah sebuah penentangan terhadap syariat yang sudah ditentukan. Hal ini berlaku untuk hal; apapun termasuk aplikasi penghasil uang halal yang sudah kita bahas ini.

Originally posted 2021-08-07 20:36:53.