Cara Menyalakan HP Tanpa Tombol Power Dengan Mudah

Cara menyalakan HP tanpa tombol power sangat dicari ketika terjadi kerusakan pada smartphone. Kerusakan yang terjadi pada smartphone memang menjadi hal yang wajar, termasuk kerusakan yang terjadi di bagian tombol power.

Biaya service yang dibutuhkan untuk memperbaiki masalah ini mungkin tidak begitu mahal, namun jika sering terjadi, pasti akan membuat pengeluaran menjadi semakin boros. Sebenarnya, ada acara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah matinya tombol power ini.

Sebenarnya, terdapat beberapa kondisi saat tombol power mengalami kerusakan yakni dalam keadaan hidup atau mati. Masing-masing keadaan tersebut bisa diatasi dengan mudah.

Cara Menyalakan HP Tanpa Tombol Power

Jika perangkat dalam keadaan hidup kemudian ingin mematikannya, tentu mudah. Namun bagaimana jadinya jika perangkat yang Anda miliki dalam keadaan mati. Tentu saja Anda harus menggunakan cara lain. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

1. Menggunakan PC atau laptop

Untuk menyalakan HP tanpa menggunakan tombol power, ANda harus memastikan jika laptop yang nantinya digunakan sudah terpasang software seperti Minimal ADB & Fastboot.

Selain itu, sebelum menggunakan cara ini, pastikan smartphone sudah mengaktifkan fitur seperti USB debugging yang berada di Developer options.

Kemudian, langkah untuk melakukannya, Anda bisa menyambungkan HP Android serta PC dengan menggunakan kabel USB. Buka software Minimal ADB & Fastboot di dalam laptop, kemudian masukkan perintah adb device kemudian tekan enter untuk mengecek perangkat.

Anda bisa memasukkan perintah fastboot reboot kemudian enter. Jika sudah selesai melakukan langkah di atas, nantinya ponsel Android Anda akan restart dan hidup dengan sendirinya. Cara menyalakan HP tanpa tombol power ini cukup sering dijadikan pilihan.

2. Menggunakan charger atau power bank

Selain menggunakan software Minimal ADB & Fastboot, Anda bisa memancingnya dengan menggunakan sambungan charger maupun power bank. Cara ini dapat digunakan di beberapa HP.

Ketika berada dalam keadaan mati, Anda bisa menyambungkan ke charger maupun powerbank, kemudian jika daya sudah terisi penuh, hindari mencabut charger.

Anda bisa mencabut baterai, kemudian memasukkannya seperti semula, dengan cara ini ponsel Anda akan secara otomatis hidup.

3. Mengganti ke tombol lain

Cara menyalakan HP tanpa tombol power yang lainnya adalah dengan mengganti fungsi tombol pada tombol lain. Anda dapat menggunakan aplikasi power button to volume button.

Dengan menggunakan power button to volume button, Anda dengan mudah dapat memindahkan fungsi power menggunakan tombol lain seperti volume. Anda bisa membuka aplikasi kemudian pilih opsi enable, Anda juga dapat mengaktifkan opsi boot serta screen off.

Kemudian, restart HP agar bisa menggunakannya. Memang, menggunakan power button to volume button ini seperti sebuah pencegahan, sehingga Anda harus melakukannya sebelum ponsel mati.

4. Ketukan jari

Menghidupkan HP tanpa menggunakan power bisa dilakukan ketika ANda mempergunakan HP Android terbaru. Jika Anda menggunakan HP keluaran lama, Anda Dapat memasang Double Tap Screen on and off.

Jika sudah memasangnya, Anda bisa membuka aplikasi tersebut, kemudian mengaktifkan opsi Double Tap to Screen On, nantinya akan muncul kota peringatan dan tekan OK. Nantinya fungsi power bisa tergantikan oleh ketukan jari.

Namun, perlu dijadikan sebagai catatan, cara ini hanya bisa dilakukan ketika Anda menggunakan HP Android. Selain itu cara ini juga seperti pencegahan, sehingga Anda harus menginstalnya sebelum HP mati.

Berbagai macam cara di atas bisa membantu Anda, sehingga tidak perlu cepat-cepat berlari ke tukang service, karena untuk sementara Anda bisa menggunakan cara menyalakan HP tanpa tombol power di atas.

Originally posted 2021-08-30 11:46:00.