Perbedaan Super Amoled Vs IPS Yang Perlu Diketahui

Super Amoled vs IPS sudah sejak lama terjadi persaingan yang ketat, pasalnya kedua panel LCD tersebut digunakan oleh brand ternama seperti Samsung dan Apple. Dari segi kualitas juga jika dilihat kedua memiliki kualitas yang baik.

Namun tetap saja sebagai sebuah produk pastinya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun saat ini sudah banyak smartphone dengan harga murah sudah menggunakan kedua panel LCD tersebut.

Mengingat kedua nya memang melakukan persaingan yang ketat disetiap sektornya, bahkan IPS sudah sering digunakan hingga ke laptop. Namun pemilik layar Super Amoled yakni Samsung pastinya sudah menggunakan panel ini disetiap produknya.

Perbedaan Signifikan Super Amoled vs IPS

Super Amoled dan IPS sudah dapat dipastikan mempunyai perbedaan yang mencolok dari keduanya. Walaupun banyak orang menganggapnya tetap memiliki kualitas sama baiknya, berikut beberapa perbedaan kedua panel layar tersebut.

1. Batery Consumtion

Setiap komponen pada smartphone pastinya memiliki batery consumtion berbeda, sama hal nya seperti layar. Sudah bukan rahasia umum jika layar menjadi komponen paling banyak menghabiskan baterai itu bisa di cek melalui pengaturan di smartphone Anda.

Ini karena aktivitas utama ponsel pasti menggunakan layar, perbedaan Super Amoled vs IPS disini yakni dalam hal penggunaan baterai. Menurut survei dan test kedua panel tersebut memiliki daya konsumsi baterai yang rendah.

Namun Super Amoled memiliki 10 kali lipat lebih rendah dalam hal penggunaan baterai, terlebih lagi jika tema dan wallpaper pada smartphone Anda berwarna hitam itu akan lebih menghemat daya konsumsi baterai.

Itu disebabkan layar besutan samsung itu dapat menghasilkan warna terbaik, terutama warna hitam. Karena warna hitam tidak memerlukan warna lain artinya itu sudah warna default dari layar tersebut.

2. Kejernihan Warna

Sudah banyak disebutkan oleh para reviewer bahwa layar IPS LCD mempunyai warna gamut yang baik, sehingga bisa menghasilkan warna sangat natural. Namun permasalahan disini mengenai kontras warna hitam dan putih.

Keunggulan warna dari panel IPS ini memiliki kecerahan warna yang sangat baik, sehingga ketika bermain hp dibawah matahari secara langsung tetap bisa terlihat jernih. Tanpa harus menambahkan kecerahan hingga maksimal.

Super Amoled vs IPS paling signifikan yakni mengenai pewarnaan kontras yang sangat tajam. Super amoled memiliki perwarnaan sangat tajam ini dikarenakan layar tidak menggunakan pencahayaan tambahan apabila ada warna lain maka pixel akan otomatis mati.

Tidak hanya itu layar yang satu ini juga dapat mengupdate pixel secara otomatis, ini menjadi keunggulan utama dari layar tersebut. layar seperti ini akan lebih maksimal jika digunakan pada smartphone flagship.

3. Harga Layar

Jika berbicara harga pastinya kedua panel ini memiliki harga cukup mahal, akan tetapi Super Amoled memiliki harga lebih mahal diatas Layar IPS. Pasalnya Super Amoled merupakan salah satu teknologi paling modern dari brand besar samsung.

Dari komponen yang digunakan juga pastinya berbeda, oleh karena itu ketika smartphone menggunakan layar besutan samsung memiliki harga cukup mahal. Itu semua dikarenakan teknologi dan fitur di dalam panel tersebut.

Jika berbicara ketahanan maka IPS memiliki ketahanan lebih kuat dibandingkan kompetitor utamanya ini. dikarenakan layar lebih tebal itu difungsikan untuk backlight sebagai penghasil warna pada layar tersebut.

Jadi walaupun harga tidak secanggih layar besutan samsung itu, IPS tetap menang dari segi ketahanan. Akan lebih kuat jika dilapisi oleh tempred glass dari Corning Gorilla Glass pastinya.

Kesimpulannya dari kedua panel layar paling populer tersebut pasti memiliki keunggulan masing-masing. Ini menjadi referensi utama mengenai Super Amoled vs IPS sebelum Anda membeli smartphone.

Originally posted 2021-09-07 00:34:39.